by

Pengelolaan Taman Sekitar CCM ‘Abu-Abu’

Cibinong-bogoronline.com-Ruang Milik Jalan (Rumija) yang dimanfaatkan oleh Cibinong City Mall (CCM) untuk taman tidak dikenakan biaya sewa-menyewa oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor,  Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) tidak dapat memastikan pemeliharaan atas taman yang berada di depan pintu masuk pusat perkantoran Pemkab Bogor tersebut.

 

Sekretaris Dinas (Sekdis) DKP Kabupaten Bogor, Asep Ruhyat mengatakan, kalau taman tersebut disewa atau tidak oleh CCM dirinya tak mengetahui pasti. Namun, dirinya mengakui jika ada sebagian lahan yang digunakan pengembang mall termegah di Kabupaten Bogor itu. “Memang ada yang digunakan CCM untuk taman, tapi yang penting taman disitu tidak dibuang. Kalau pun ada pengrusakan taman, akan saya tuntut pihak CCM,” ujar Asep kepada bogoronline.com, Selasa (26/4).

 

Ia menambahkan, pemeliharaan taman yang memang berpengaruh terhadap estetika mall tersebut dilakukan pihaknya dengan menggunakan APBD. “Kami yang merawat taman itu, bukan pihak ketiga atau pengembang CCM,” tegasnya.

 

Anehnya, pernyataan tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dikatakan oleh Kasi Pertamanan di DKP, Nunung Toyibah. Ia mengatakan, memang benar ada lahan aset pemerintah daerah yang digunakan CCM untuk taman di sisi Jalan Raya Tegar Beriman maupun Jalan Raya Bogor-Jakarta. “Untuk luasan lahan yang digunakan saya tidak tahu secara detail. Untuk pemeliharaan atas tamam itu dilakukan pihak pengelola mall,” kata Nunung.

 

Ia berdalih, pihaknya bukan yang bikin taman di sekitaran CCM tersebut. Taman tersebut sudah diperbaiki dan dipelihara CCM semenjak setahun belakangan ini. “Tanaman disitu diperbaharui semua oleh CCM, dan memang peliharaannya juga diambil alih semenjak kurang lebih setahun belakangan ini,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, yang ada di sekeliling tugu pintu masuk Jalan Raya Tegar Beriman itu juga sudah bukan DKP lagi yang mengelola. “Pihak CCM kirim surat ke Bupati Bogor, dan meminta untuk perbaiki dan mengelola taman yang ada di sekeliling tugu Jalan Raya Tegar Beriman,” jelasnya.

 

Anehnya, Nunung menegaskan, tahun ini pihaknya juga akan memperbaiki taman di sekeliling tugu Tegar Beriman itu dengan menggunakan dana APBD. “Tahun ini taman di tugu itu juga akan diperbaiki dengan biaya kita,” tegasnya.

 

Ia memaparkan, pengembang CCM juga berkontribusi terhadap perbaikan atau perapihan taman yang sempat dijadikan tempat berjualan Pedagang Kaki Lima (PKL). “Atas permintaan, perapihan taman di depan Cibinong City Center (CCC) yang sempat dijadikan tempat mangkal PKL itu juga dilakukan oleh pihak pengembang CCM,” tukasnya. (Adi)

 

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed