Lihat Ini, Ilusi Optik Untuk Lalulintas

bogorOnline.com
Diambil dari salah satu media online nasional, transportasi India sedang mencoba menggunakan muslihat optik di jalur penyeberangan – serupa dengan jalur ini di provinsi Pujiang, Cina.

Apakah lukisan masih punya daya untuk memukau perhatian kita, apalagi sampai menyelamatkan hidup? Kementerian Transportasi India mengandalkan itu.

Foto yang tersebar di media sosial memperlihatkan pemanfaatan muslihat optik dalam lukisan jalur penyeberangan di jalanan India. Dari sudut pandang pengemudi, garis-garis putih zebra crossitu tampak melayang bagaikan balok-balok yang mengapung di udara.

Dengan menarik perhatian pengendara dengan teknik 3D yang memikat, perencana tata kota berharap mengurangi jumlah kecelakaan akibat kebut-kebutan. Dalam prosesnya, mereka bersentuhan dengan satu tradisi seni yang menarik serta, khususnya, mahakarya dari abad 16 yang diciptakan di persimpangan ilusi optik dan keselamatan manusia.

Mengunggah gambar ini menjadi 3D untuk mencegah kebut-kebutan. Ketika dipertunjukkan ke publik pada tahun 1533, lukisan potret Die Gesandten. Dikenal juga dalam judul bahasa Inggris,The Ambassadors- karya seniman Jerman dan Swiss pasti mengagetkan orang yang melihatnya.(rul)