Yayasan Cindera Hati Dan Warga, Ikuti PPTKIS

bogorOnline.com

Ratusan orang dari Yayasan Cindera Hati bersama warga sekitar mengikuti sosialisasi Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS), oleh Kementerian Tenaga Kerja
di Desa Cipambuan, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor Kamis (2/6/16).

Staf Menteri Ketenagakerjaan RI, Nur Nadhlifah menjelaskan, salah satu poin dalam kegiatan saat ini adalah untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI). Harus dimulai dari desa dimana mereka tinggal sebelum ditempatkan di negara tujuan.

“Maka perangkat desa memiliki peranan penting untuk memberikan pemahaman kepada warga bila ingin menjadi TKI ke luar negeri harus mengikuti prosedur,” ujarnya.

Masih Nur menerangkan,
jika aparatur desa dan masyarakat sudah memahami mengenai cara menjadi TKI dengan benar atau sesuai peraturan, maka TKI telah dilindungi.

Ada tiga syarat pokok menjadi TKI, antara lain, sehat jasmani dan rohani, mempunyai kompetensi skill (keahlian) sesuai bidang kerja yang dijalani, dan mempunyai dokumen yang sesuai dengan negara penempatan.

“Bila TKI tidak memiliki semua itu. Maka potensi pelanggaran hak-hak mereka bisa terjadi,” katanya.

Sambung Ketua Yayasan Cindera Hati Sudeni Al-Fathoni menambahkan, pihaknya berterimakasih banyak atas kedatangan Kementerian saat ini. Sebab siswa yang hadir bisa menambah pengetahuan dan wawasan terkait Ketenagakerjaan.

“Kami berharap setelah ini ada pembelajaran yang baik bagi pesarta tadi,” kata Sudeni saat ditemui bogorOnline.com dilokasi.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.