Jenis Tanaman Ini Bisa Bersihkan Udara Dalam Rumah

bogorOnline.com
Disadur dari salah satu media online nasional, menurut database terbaru mengenai kualitas udara di wilayah urban yang dimuat laman who.int, udara di 98 persen kota-kota di negara berpenghasilan rendah dan sedang dengan penduduk lebih dari 100 ribu tidak memenuhi kualitas udara dalam pedoman dari WHO. Meski begitu, kualitas udara di negara berpenghasilan tinggi, persentasenya berkurang hingga 56 persen.

Seiring dengan menurunnya kualitas udara di daerah urban, risiko stroke, penyakit jantung, kanker paru, dan masalah pernapasan kronik akut seperti asma semakin meningkat bagi penduduk yang tinggal di kota-kota tersebut.

Menjaga udara tetap bersih memang tidak mudah. Tapi setidaknya Anda bisa mencoba cara sederhana ini untuk “menyaring” udara di dalam ruangan, memelihara tanaman penyaring udara.

“Seringkali disebutkan bahwa ruangan yang diberi tanaman membuat Anda merasa lebih baik. Ada fakta ilmiah mengenai hal ini,” ujar ahli home-building, Sabine H. Schoenberg yang juga founder Sabine’s New House.

“Ketika kualitas udara di dalam ruangan menjadi perhatian kita, tentu menyenangkan mengetahui ada cara mudah mendapatkannya melalui tanaman dalam rumah. Udara bersih memberi kesehatan yang lebih baik serta meningkatkan produktivitas,” lanjutnya.

Melansir laman Today, Jumat (22/7/2016),

Sebuah studi kasus yang dilakukan di New Delhi menunjukkan, meletakkan banyak tanaman berikut di dalam ruang berhasil menyebabkan udara di dalamnya lebih bersih.

Tiga tanaman berikut tak hanya memberi dampak positif pada kesehatan melainkan juga memiliki bentuk yang menarik dan cocok dijadikan bagian dekorasi ruangan.

Tanaman lidah mertua

Tanaman lidah mertua, juga dikenal sebagai tanaman yang biasa diletakkan dalam kamar tidur, menyaring udara dan mengubah CO2 menjadi oksigen di malam hari ketimbang menyerap oksigen seperti tanaman lain.

Palem areca

Tanaman ini sangat populer sebagai tanaman dalam rumah. Palem areca menghilangkan semua toksin dalam udara ruangan dan daunnya aman untuk binatang peliharaan. Tanaman ini pun mudah ditemukan.

Pohon uang

The Money Tree atau pohon uang memiliki nama ilmiah Scindapsus aureus. Tanaman ini memurnikan udara yang tercemar dengan kimia sintetis dari produk pembersih. Ahli Feng Shui menjelaskan bahwa tanaman ini juga bisa mengurangi stres dan cemas serta membantu kualitas tidur jadi lebih baik.

Percaya atau tidak, tanaman ini mengubah racun di rumah anda. Toksin seperti benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene ternyata bisa dinetralkan dan studi tersebut memberi daftar yang detail, seperti misalnya tanaman apa yang bisa memurnikan racun tertentu tutupnya.

Penting diperhatikan, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis tanaman dan manfaatnya jika anda bermaksud meletakkan tanaman tertentu untuk memurnikan udara di dalam ruang.(rul)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *