by

200 Ribu Warga Kab Bogor Belum Memiliki e – KTP

Cibinong – Sedikitnya 200 ribu warga Bumi Tegar Beriman, diketahui belum mengantongi KTP elektronik, padahal batas akhir yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersisa sekitar 29 hari lagi. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) blingsatan, dinas yang dipimpin Otje Subagja itu langsung mengeluarkan surat edaran kepada seluruh kecamatan, agar warga yang belum memiliki e – KTP segera melakukan perekaman data.

“Ketersedian blanko e – KTP saat ini memang terbatas, tapi kami  menghimbau warga yang belum memiliki e – KTP, agar melakukan perakaman data dulu di kecamatan, karena Kemendagri memberikan batas waktu, 30 September mendatang seluruh penduduk di Indonesia sudah memilik Nomor Induk Kependudukan (NIK),” kata Otje, kepada wartawan, Kamis (01/09).

Berdasarkan data Kemendagri, saat ini ada sekitar 22 juta jiwa di seluruh Indonesia yang belum memiliki e-KTP. “ Di Kabupaten Bogor jumlahnya sekitar 200 ribu orang, kita targetkan sebelum 30 September semua warga sudah memiliki NIK,” ujarnya.

Otje mengungkapkan, ke 200 warga yang belum tersebar di seluruh kecamatan. “Kita harapkan, mesin perekam dan server tidak rusak, sehingga perekaman data berjalan lancar,” katanya.

Sementara itu, di Kecamatan Kemang, sejak adanya pengumuman batas akhir dari Kemendagri, tiap harinya sekitar 100 warga dari beberapa desa mendatangi untuk melaksanakan perekaman data.

“Dalam sehari, kami hanya mampu perekaman data terhadap 50 orang saja, karena  terbatasnya mesin perekam data,” kata Ayi, petugas perekam data, kepada Jurnal Bogor.

Camat Kemang Wahyu Hadi Setiono mengatakan, untuk membantu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, pihaknya telah menyampaikan surat edaran kepada para kepala desa, agar warganya yang belum mengantongi e- KTP, untuk melakukan perekaman di kantor kecamatan.

“Rencannya, pelayanan pun akan kita buka setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu, karena kami ingin pada pekan ketiga September, perekaman data untuk semua warga di Kecamatan Kemang rampung,” jelasnya. (Iwan/zahra)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed