Kapabilitas Inspektorat Kabupaten Bogor Capai Level 2

Publikasi Kinerja Inspektorat Kabupaten Bogor
Kapabilitas Inspektorat Kabupaten Bogor Capai Level 2

Didi Kurnia, SH., M.Si. Inspektur Kabupaten Bogor

Didi Kurnia, SH., M.Si.
Inspektur Kabupaten Bogor

CIBINONG – Menjelang akhir tahun 2016 ini, tingkat kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Kabupaten Bogor telah berhasil mencapai level 2 (infrastructure) dari sebelumnya pada level 1 (initial). Hal ini berdasarkan penilaian kapabilitas APIP yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang disampaikan pada Rapat Koordinasi Pengawasan Tingkat Provinsi Jawa Barat, 4 Oktober 2016 di Hotel Salak The Heritage Kota Bogor. Dengan berhasil diraihnya level 2 (infrastructure) tersebut, menandakan audit internal yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Bogor telah memenuhi standar audit yang ada dan mampu memberikan keyakinan yang memadai serta mampu mendeteksi terjadinya korupsi.

Tingkat Level Kapabilitas APIP Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah

Tingkat Level Kapabilitas APIP Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah

Berdasarkan hasil penilaian tingkat kapabilitas APIP yang dilakukan oleh BPKP per 30 Juni 2016 terhadap 630 APIP pada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah, sebanyak 453 APIP atau 71,91% berada pada Level-1, 170 APIP atau 26,98% berada pada Level-2, dan baru 7 APIP atau 1,11% yang berada pada Level-3. Sedangkan kondisi APIP di Jawa Barat sampai saat ini baru ada 6 Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)/Inspektorat yang sudah berada pada level-2, yaitu Inspektorat Kota Bandung, Inspektorat Kota Sukabumi, Inspektorat Kabupaten Garut, Inspektorat Kabupaten Ciamis, Inspektorat Kabupaten Bogor dan Inspektorat Kabupaten Sumedang, sisanya masih berada pada level-1.

level-5

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Nasional (Rakorwasnas) pada tanggal 13 Mei 2015, bahwa diharapkan level Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam lima tahun ditargetkan mencapai 85% level-3 dan 1% level-1.

Untuk meningkatkan kapabilitas APIP diperlukan dukungan dan komitmen dari seluruh pimpinan pemerintah daerah sebagai shareholders APIP, serta pimpinan APIP sendiri. Mengingat, terdapat tiga variabel utama yang mempengaruhi kapabilitas APIP, yaitu aktivitas audit internal, lingkungan organisasi di mana unit audit internal bernaung, dan lingkungan sektor publik di suatu pemerintahan.

Rapat Self Assesment Tim Satgas Peningkatan Kapabilitas APIP

Rapat Self Assesment Tim Satgas Peningkatan Kapabilitas APIP

Sementara itu, dalam upaya meningkatkan kapabilitasnya, APIP perlu melakukan penilaian mandiri (self assessment) terhadap area proses kunci (key process areas) yang harus dipenuhi sehingga diketahui kondisi APIP saat ini, serta diketahui area yang memerlukan perbaikan (areas of improvement) untuk menuju ke level kapabilitas yang lebih tinggi. Atas dasar hal tersebut dibentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Kapabilitas APIP oleh Inspektur Kabupaten Bogor yang bertugas melakukan penilaian secara mandiri (self assessment) Kapabilitas APIP sesuai kriteria internasional, yaitu dengan menggunakan Internal Audit Capability Model (IACM). IACM pada dasarnya merupakan tools yang digunakan APIP sendiri menuju ke organisasi yang lebih efektif.

Monitoring dan Quality Assusance oleh Tim BPKP

Monitoring dan Quality Assusance oleh Tim BPKP

Dalam melakukan self assessment ini, Tim Satgas melakukan penilaian mandiri dengan mengacu kepada pedoman teknis self assessment yang disediakan dan didukung dengan aplikasi serta bantuan penjaminan kualitas (quality assurance) oleh BPKP.
Berdasarkan hasil self assessment, APIP akan mengetahui area yang memerlukan perbaikan (areas of improvement-AoI) untuk menuju pada level kapabilitas yang lebih tinggi. AoI tersebut digunakan oleh APIP sebagai dasar untuk menyusun Rencana Aksi (actions plan) dan selanjutnya APIP melaksanakan action plan tersebut (dengan menyusun/memperbaiki infrastruktur, melaksanakannya secara berkesinambungan hingga menghasilkan outcome dari suatu area proses kunci tersebut). Selama proses self improvement berlangsung, APIP yang bersangkutan akan melakukan monitoring perkembangan pelaksanaan actions plan yang telah disusun sebelumnya. Selanjutnya BPKP melakukan monitoring terhadap perkembangan kapabilitas secara regional dan nasional.
Untuk mencapai target peningkatan kapabilitas APIP, secara ringkas ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh APIP agar tingkat kapabilitasnya lebih baik yaitu:

  1. Melakukan sosialisasi peran APIP
  2. Membentuk Satuan Tugas Peningkatan Kapabilitas APIP di lingkungan Unit APIP yang bersangkutan;
  3. Merumuskan dan menganalisis Area Of Improvement (AOI);
  4. Menyusun Rencana Aksi (Action Plan) Peningkatan Kapabilitas APIP;
  5. Menyelenggarakan bimbingan teknis /workshop Peningkatan Kapabilitas APIP antara lain terkait pembinaan karir JFA, pengembangan kompetensi SDM APIP, bisnis proses APIP dan Audit atas pengadaan barang dan jasa;
  6. Menyusun infrastruktur yang diperlukan antara lain seperti Standar Operasi dan Prosedur (SOP) bidang pengawasan, Piagam Audit Intern (Internal Audit Charter), Formasi Auditor;
  7. Melakukan self assesment tingkat kapabilitas APIP, yang hasilnya divalidasi oleh BPKP selaku Instansi Pembina SPIP dan Instansi Pembina JFA.

Dalam kegiatan penilaian mandiri tersebut, terdapat 6 elemen yang menjadi objek penilaian mandiri kapabilitas APIP yaitu:

a. Elemen 1 : Peran dan Layanan;
b. Elemen 2 : Pengelolaan Sumber Daya Manusia;
c. Elemen 3 : Praktik Profesional;
d. Elemen 4 : Akuntabilitas dan Manajemen Kinerja;
e. Elemen 5 : Budaya dan Hubungan Organisasi;
f. Elemen 6 : Struktur Tata Kelola.
Tabel Rincian Kapabilitas APIP se-Provinsi Jawa Barat (Sumber : BPKP)

Setelah pencapaian level-2 tersebut, Inspektorat Kabupaten Bogor terus berupaya dan berkomitmen agar pada tahun 2017 dapat mencapai level 3, sehingga diharapkan dapat mendukung tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) di Kabupaten Bogor.

(Publikasi Kinerja Inspektorat Kabupaten Bogor Tahun 2016/Prolap)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.