Ada LSM Ngaku Tim Saber Pungli, Sasar Sekolah Dasar

BogorOnline.com, TAJURHALANG- Upaya pemerintah pusat memberantas praktik pungutan liar (Pungli), qdengan membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber) Pungli, di lapangan banyak dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan sebuah organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), untuk mencari keuntungan dengan mendatangi sekolah-sekolah.

Akibat ulah oknum anggota LSM, banyak kepala sekolah yang dihantui ketakutan, karena mereka mengancam melaporkan ke Satgas Saber Pungli. “Di sekolah kami tak ada pungli, kalau pun ada dana yang ditarik dari orang tua siswa, semuanya digunakan untuk kepentingan sekolah, karena kalau menggunakan dana BOS tidak akan cukup,” kata seorang kepala sekolah SD di Kecamatan Tajurhalang.

Asman Suparman, pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan, Kecamatan Tajurhalang membenarkan, sejak pemerintah pusat membentuk Tim Satgas Saber Pungli, banyak kepala sekolah dan komite yang resah.

“Pungli di sekolah dalam bentuk apa pun tidak diperbolehkan. Nah, kalau ada sumbangan itu kan bukan pungli, tapi untuk membantu kepentingan sekolah demi kelancaran kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.

Uang sumbangan dari orang tua siswa kata Asman, nilai atau besarnya diputuskan berdasarkan hasil rapat dengan komite. “Kami mendukung, ada pihak yang peduli dengan turut mengawasi sekolah-sekolah, tapi tolonglah jangan keberadaan Tim Satgas Saber Pungli dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan pribadi,” tegas kata staf pengajar SD Negeri 01 Tonjong itu.

Asman mengakatakan, di SDN 01 Tonjong, tempatnya mengajar memang ada pengumpulan dana sumbangan dari orangtua siswa. “Uang itu dikumpulkan, untuk memperbaiki saluran air di areal sekolah, karena saat hujan turun, halaman atau lapangan tempat anak-anak bermain digenangi air. Kami sudah mengusulkan anggaran ke Dinas Pendidikan, tapi belum ada realisasinya, karena  anggaran yang dialokasikan APBD untuk Dinas Pendidikan untuk perbaikan ruang belajar dan pembangunan ruang kelas baru,” pungkasnya. (Zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.