Perang Dunia Ke Satu, Terjunnya Kesultanan Ottoman Dalam Perang

bogorOnline.com

Dikutip dari salah satu media online nasional, dua pekan pertama November, dunia masih memperingati dahsyatnya Perang Dunia I atau yang sering disebut sebagai ‘The Great War’. Sejumlah negara seperti Jerman, Prancis, Inggris Raya, Uni Soviet, Belgia, dan Austria-Hungaria. Masing-masing negara kehilangan hampir 1 juta penduduknya selama Perang Dunia I.

Satu negara lagi ikut terjun dalam Perang Dunia I tepat pada 14 November 1914.Kesultanan Ottoman (pendahulu Turki) mendeklarasikan perang di Ibu Kota Konstantinopel. Pemuka agama bergelar Syeikh-ul-Islam meminta para pengikutnya untuk angkat senjata melawan Inggris Raya, Prancis, Rusia, dan Yugoslavia.

Ketika Perang Dunia I pecah pada musim panas 1914, Kesultanan Ottoman mulai runtuh. Mereka mulai kehilangan sebagian besar wilayah kekuasaan di Benua Eropa setelah mengalami kekalahan dalam Perang Balkan melawan Uni Soviet pada 1912. Demi mengurangi jumlah wilayah yang hilang, Kesultanan Ottoman membentuk aliansi dengan salah satu kekuatan Eropa, Jerman, pada 2 Agustus 1914.

Aliansi sudah terbentuk antara Jerman dengan Ottoman. Tetapi, Ottoman masih belum secara resmi terjun dalam medan perang. Dua kapal perang Jerman,Goeben dan Breslau, dibantu oleh Angkatan Laut Ottoman berhasil menghalau Angkatan Laut Inggris Raya dan Rusia di Laut Hitam pada 29 Oktober 1914, pekan-pekan awal Perang Dunia I. Keberhasilan tersebut menandai awal bergabungnya Ottoman atau Turki ke dalam Perang Dunia I.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.