PKS Kawal APBD Pro Rakyat 2017

Cibinong, Bogoronline.com – Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bogor, Eko Syaiful Rohman menegaskan APBD 2017 harus pro rakyat yang ditandai dengan belanja infrastruktur sebesar 20 persen lebih yakni total Rp 1,2 triliun. Eko juga menyoroti sejumlah dobel anggaran pemeliharaan di Dinas Bina Marga yang telah dicoret Komisi III.

“Insya Allah tahun 2017 anggaran infrastruktur sebesar Rp1,2 triliun khusus untuk jalan dan jembatan. Artinya 20 persen APBD 2017 sebesar Rp7 triliun lebih tersedot ke belanja publik di sektor infrastruktur,” ujar Eko kepada Bogoronline.com, Kamis (10/11/2016).

Sekretaris Komisi III ini menjelaskan, tingginya belanja infrastruktur itu didasarkan atas tingginya kebutuhan masyarakat akan infrastruktur dasar yang lebih baik.

“Sekarang ini maju tidaknya suatu daerah ditandai dengan infrastrukturnya seperti jalan yang mulus halus dan jembatan yang bagus. Itu adalah aspirasi terkuat atau tertinggi dari masyarakat dibandingkan sektor lainnya,” ujar politikus Dapil 2.

Kendati demikian, Eko menegaskan pihaknya telah menyoroti sejumlah anggaran pemeliharaan jalan yang melanggar ketentuan, seperti anggaran pemeliharaan ganda di satu ruas jalan yang nilainya cukup signifikan.

“Oleh karena itu, di tahun 2017 kami sudah anggarkan sebesar Rp235 miliar untuk dana pemeliharaan jalan. Namun kami juga sudah mengingatkan agar anggaran ganda di pemeliharaan jalan dihilangkan total karena potensi korupsi tinggi dan melanggar ketentuan. Itu sudah kami sampaikan ke eksekutif,” tegas Eko.

PKS, lanjut Eko, telah melakukan kajian atas anggaran ganda pemeliharaan jalan yang beberapa kali ditemukan masih ada di APBD 2017.

“Makanya temuan dobel anggaran itu sudah kami coret karena berpotensi korupsi dan berbahaya bagi bupati dan jajarannya secara hukum,” tandas Eko. (Herry Keating)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.