Seminar Unhan: Jaga Alam Salah Satu Bentuk Pertahanan

bogorOnline.com-Citeureup

Pembicara seminar tentang dampak bencana Universitas Pertahanan (Unhan) Prof Syamsul Maarif mengatakan, pertahanan tidak hannya dengan pertempuran dan peperangan tetapi ada juga yang tak kalah penting dengan tetap menjaga alam dan lingkungan supaya tidak terjadi bencana yang dapat merenggut nyawa ratusan bahkan jutaan orang. Salah satu contohnya saja peristiwa bencana sunami di Aceh dulu yang begitu bannyak korban.

“Sehingga amat penting memberikan pemaham tentang dampak bencana kepada Mahasiswa Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan di Auditorium Unhan, IPSC Sentul, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Sabtu (26/11/16),” ujarnya saat ditemui bogorOnline.com di lokasi.

Sebelumnya, Wakil Rektor I Unhan, Dadang Gunawan mengungkapkan, Indonesia memiliki risiko bencana yang tinggi. Baik itu bencana alam, maupun bencana yang ditimbulkan oleh manusia.

Menurutnya, faktor penyebab terjadinya bencana, karena adanya bahaya seperti geologi, hidrometeorologi, biologi, teknologi, penurunan kualitas lingkungan, kerentanan tinggi dari masyarakat, infrastruktur, hingga kapasitas yang rendah tentang pengetahuan bencana dalam komponen masyarakat.

“Saya berharap, dengan diselenggarakannya seminar ini, bisa memberi wawasan, pemahaman dan pengalaman bagi mahasiswa Unhan dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari nantinya,” tambahnya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.