Tim Saber Pungli Datangi Kantor Imigrasi Bogor

Kota Bogor – bogorOnline.com

Suasana pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas 1 A Bogor seketika tegang, karena sejumlah orang dari tim Sapu Bersih (Saber) Pungli, tiba tiba mendatangi Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor, di Jalan Ahmad Yani, Jumat (4/11/16).

Tim saber pungli yang dikepalai oleh divisi keimigrasian Jawa Barat, Sukma Murni Sinulingga, dan Kabag P2L beserta jajarannya. Langsung memeriksa setiap ruangan kantor Imigrasi dari lantai satu dan lantai dua, bahkan laci-laci karyawan juga di buka satu persatu, untuk mencari barang bukti dugaan pungli yang terjadi di kantor Imigrasi. Namun setelah dilakukan pemeriksaan selama dua jam, petugas tidak menemukan bentuk pungli maupun pelanggaran kegiatan pungli.

Kepala devisi keimigrasian Jawa Barat, Sukma Murni Sinulingga mengungkapkan, hari ini dilakukan sidak pemeriksaan ke kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor. Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh, selain memeriksa laci-laci petugas, semua tempat pelayanan disisir untuk mencari pelanggaran ataupun kegiatan pungli.

“Kami juga melakukan tanya jawab kepada para pemohon paspor terkait pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor. Jadi pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh, baik kepada para karyawan maupun meja kerja beserta lacinya,” ungkap Sukma.

Sukma menjelaskan, saat dilakukan pemeriksaan, tidak diketemukan bukti bukti pelanggaran pungli. Namun dihimbau agar masyarakat supaya tidak memancing petugas untuk melakukan pungli. Petugas kantor Imigrasi juga harus menjalankan kinerjanya sesuai dengan SOP

“Saat ini semua sistem pelayanan di kantor Imigrasi sudah online, jadi tidak ada beredar uang dalam pelayanan. Intinya kami minta kepada seluruh petugas Imigrasi menjalankan kinerjanya sesuai SOP dan tupoksinya. Warga juga jangan menjebak jebak petugas untuk melakukan pungli,” tandasnya.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor, Herman Lukman menuturkan, sidak dari tim saber pungli memang dilakukan secara mendadak, sehingga semua karyawan juga merasa kaget. Tim saber pungli begitu datang langsung melakukan penyisiran dan pemeriksaan ke semua bagian bagian, terutama di bagian pelayanan. Semua tempat pelayanan maupun laci laci di kantor Imigrasi diperiksa, namun tidak ada temuan apapun. Bahkan saat berdialog dengan masyarakat para pemohon, tim saber pungli juga mendapatkan informasi bahwa tidak ada kegiatan pungli di kantor Imigrasi ini.

“Pelayananan disini memang sudah semuanya online, jadi tidak bersentuhan dengan uang langsung. Kalaupun ada petugas yang melakukan pungli, itu resiko sendiri dan tindakan tegas akan diberikan kepada karyawan tersebut sesuai peraturan yang ada,” tegasnya.

Herman menambahkan, pihaknya selalu rutin memantau dan mengawasi seluruh aktifitas kegiatan pelayanan di kantor Imigrasi. Salah satu pengawasan dan pemantauannya yaitu dengan memasang sejumlah camera CCTV.

“Jadi disetiap sudut bagian pelayanan semuanya dipasangi camera CCTV, dan setiap saat terus dipantau. Jadi aktifitas apapun yang terjadi selalu diawasi, termasuk di luar ruangan juga dipasang CCTV. Kita juga menghimbau agar seluruh karyawan tidak melakukan pelanggaran SOP maupun tupoksi, apalagi melakukan pungli, karena semua aktifitasnya di awasi ketat,” pungkasnya.(bunai)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *