Pariwisata Untuk Peningkatan, Daya saing Ekonomi Daerah

Kota Bogor – bogorOnline.com

Pariwisata (ecotourism) merupakan salah satu bentuk industri pariwisata yang belakangan ini menjadi tujuan dari sebagian besar masyarakat. Pariwisata memberikan ‘suguhan’ kepada wisatawan berupa keindahan alam seperti lembah, sungai, air terjun, panorama pegunungan, danau, keanekaragaman hayati dan pesona alami lainny seperti terumbu karang, pantai yang indah, dan lain sebagainya.

Mengingat potensi yang ada pada ecotourism, Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor menggelar Seminar Nasional bertema ‘Pengembangan Ecotourism Dalam Ran Peningkatan Daya saing Ekonomi Daerah’ di Gedung Tan Ek Tjoan, Sukasari, Kota Bogor.

Hadir sebagai Pembicara dalam kegiatan ini, Pihak MNC sebagai pengusaha, Bupati Purwakarta, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi kreatif Kota Bogor serta praktisi dari IPB Bogor.

Ketua Panitian Seminar Nasional David Faizal mengatakan, Kegiatan atau aktivitas pariwisata pada perkembangannya telah menjadi industri pariwisata dan merupakan salah satu sektor yang dapat memberikan keuntungan secara ekonomi. Di negara sedang berkembang seperti Indonesia, sektor pariwisata dijadikan sebagai salah satu sumber devisa negara, lebih-lebih adanya pandangan bahwa pariwisata merupakan eksport yang tidak kentara (Invisible export) yang tidak mencemari lingkungan (smokeless industries), dan industri yang tidak akan pernah berakhir (never ending industries).

“Potensi ini kita coba gali dari berbagai sisi sehingga komponen masyarakat yang akan bergerak atau sedang mengelola memahami bagaimana pengelolaan ecotourism secara professional, dan kita berharap dengan seminar ini ada kontribusi nyata kepada komponen yang ada dalam mengelola ecotorurism dewasa ini,” kata David.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor Dr. Hj. Rita Renowati, M.S mengatakan, seminar nasional ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan mahasiswa pascarajana Universitas Pakuan Bogor dalam rangka menyelesaikan program studinya di Universitas Pakuan.

“Setiap mahasiswa melalui jurusan program harus bisa menyelenggarakan seminar nasional, soal tema dan lainnya kita serahkan kepada para mahasiswa untuk menggali isu-isu kekinian,” ujar Rita.

Menurutnya, dengan proses ini diharapkan semua mahasiswa di Pascasarjana Unpak Bogor bisa menyusun, mengelola dan mengaplikasikan materi yang diperoleh ketika menimba ilmu di program magister manajemen.

“Bukan hanya itu, ini merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi, artinya bisa memberi kemanfaatkan kepada masyarakat melalui kegiatan nyata seperti seminar hari ini,” tandasnya.(bunai)