Bangun Kampung Wisata Kota Bogor

Kota Bogor – bogorOnline.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah meresmikan pedestrian Kebun Raya Bogor (KRB) akhir pekan lalu. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bogor berharap pedesterian yang menghabiskan anggaran Rp. 32,3 milyar tersebut bisa membawa kemaslahatan dan manfaat bagi masyarakat.

PKS berharap pedestrian Kebun Raya Bogor benar-benar difungsikan untuk sarana olahraga jogging dan sepeda, keselamatan para pejalan kaki, serta sarana wisata sehat keluarga. Bukan menjadi tempat menjamurnya maksiat dan penyakit masyarakat.

“Diluar polemik yang terjadi, kami mengapresiasi peresmian pedestrian oleh Pemkot. Semoga optimal untuk sarana kemaslahatan, bukan sebagai sarana kemadharatan. Untuk itu, Pemkot dan pihak terkait harus memantau penggunaannya, tidak hanya berhenti pada aspek pembangunan saja, tapi justru pada sisi pemanfaatannya. Bagaimana agar dana fantastis yang telah dikeluarkan dapat melahirkan maslahat, bukan sebaliknya,” ungkap Ketua DPD PKS Kota Bogor Atang Trisnanto.

Setelah persemian pedesterian ini, Pemkot Bogor selanjutnya perlu mengalihkan perhatian pada pembangunan di wilayah inti Kota yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Seperti membangun Kampung Wisata Kota Bogor.

“Bangun drainase, turap, jalan lingkungan, jembatan dan berbagai fasilitas publik lainnya di pemukiman warga. Banyak pemukiman warga yang rawan longsor. Juga jembatan yang ambruk. Anggaran rakyat harus benar-benar dirasakan oleh seluruh masyarakat”, imbuh Atang.

Atang melanjutkan, saatnya Pemkot Bogor membangun sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat bawah, tidak hanya sekedar mempercantik wajah luar kota. Mempercantik kota itu penting, namun memenuhi kebutuhan mendasar warga akan keamanan dan kenyamanan lingkungannya sendiri jauh lebih penting.

“Program pembangunan Kampung Wisata dapat menjadi terobosan baru. Pemukiman padat penduduk yang terkesan kumuh di tengah Kota Bogor bisa ditata lebih baik lagi menjadi kampung wisata yang dapat mendatangkan banyak kemaslahatan. Pemkot bisa menatanya menjadi Kampung Wisata Kuliner, Religi, Sejarah, ataupun Kampung Wisata Sehat. Insya Allah lebih maslahat dan benar-benar dirasakan langsung oleh warga Bogor sendiri,” pungkasnya.(bunai)

Comments