Disbudpar Kabupaten Bogor Target Datangkan 6 Juta Wisatawan pada 2017

CIBINONG- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor menargetkan 6 juta wisatawan berkunjung ke Bumi Tegar Beriman pada tahun 2017 ini. Jumlah itu naik 500 ribu dibanding target pada 2016 lalu sebesar 5,5 juta wisawatan domestik maupun mancanegara.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana menjelaskan, target itu telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018. Di optimis target itu terealisasi karena pada 2016 wisatawan mencapat 5,8 juta.

Rahmat menambahkan, dari target 6 juta wisatawan ke Kabupaten Bogor, diperkirakan mereka bakal menghabiskan uang hingga Rp 6 triliun dalam satu tahun.

“Rata-rata, per orang menghabiskan Rp 1 juta dalam satu hari kunjungan. Jadi perputaran ekonomi bisa menembus Rp 6 triliun dari kunjungan wisatawan,” kata Rahmat kepada BogorOnline.com, Kamis (5/1).

Meski begitu, Disbudpar sadar belum memaksimalkan potensi wisata yang ada. Sejauh ini, baru satu yang dikelola, yakni Pemandian Air Panas di Kecamatan Ciseeng.

“Memang betul. Maka kami masih terus berupaya memaksimalkannya. Makanya kan dibentuk BUMD PT Sayaga Wisata. Tapi memang belum maksimal,” jelas Rahmat.

Ia mengungkapkan, sangat banyak kawasan wisata dikelola Perhutani dan swakelola oleh warga setempat. “Kalau kawasan pegunungan atau curug ada di Perhutani pengelolaannya,” tukas Rahmat. (cex)

Comments