Rata-rata Lama Sekolah Kabupaten Bogor Merosot jadi 7,7 Tahun

CIBINONG- Rata-rata Lama Sekolah (RLS) di Kabupaten Bogor merosot tajam di awal tahun 2017. Dari sebelumnya RLS telah mencapai 8,04 tahun, kini justru hanya 7,7 tahun.

Namun, penurunan itu bukan tanpa alasan. Melainkan karena adanya perubahan batasan usia dan atau penghitungan pada Badan Pusat Statistik (BPS). Dari awalnya usia 15 tahun ke atas kini menjadi 25 tahun ke atas.

“Ini terjadi bukan di Kabupaten Bogor saja. Tapi seluruh Indonesia bahkan dunia. Kalau sebelumnya usia 16 tahun keatas dianggap cukup mengenyam pendidikan, nah karena ada perubahan, jadi 16 tahun sampai 25 tahun itu tidak dihitung ke Indeks Pembangunan Manusia (IPM) lewat indikator RLS,” kata Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kamis (5/1).

Perubahan ini, kata Emy telah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 yang sebelumnya RLS ditarget 9 tahun. Namun, dalam revisi itu, belum dipastikan targetnya.

“Karena masih menunggu perhitungan dari BPS. Jadi belum ditentukan targetnya. Tapi, kemungkinan tidak akan beda jauh dari target awal,” lanjut Emy.

Sementara itu, Kepala BP3D, Syarifah Sofiah mengungkapkan, perubahan perhitungan itu bisa berdampak cukup baik pada kualitas pendidikan di Bumi Tegar Beriman. Tidak cuma kuantitas yang dikejar.

“Sekarang jadi punya kesempatan untuk menjaga kualitasnya. Tidak cuma kuantitas. Percuma jika target tercapai jika kualitasnya tidak mumpuni,” singkat Syarifah. (cex)

Comments





Fatal error: Exception thrown without a stack frame in Unknown on line 0