Ternyata Begini Penyebab, Skutik Boros Bensin

bogorOnline.com-

Skutik saat ini jadi pilihan model roda dua yang paling banyak digunakan karena kemudahannya. Bagi pemilik yang menggunakan untuk harian, seiring waktu merasakan ada masalah terutama pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.

Menurut Agus, mekanik bengkel Dairy Motor Pondok Bambu, penyebab skutik terasa lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar berawal dari kebiasaan pemiliknya.

“Awalnya dari pemilik yang jarang memperhatikan kondisi skutiknya. Mungkin karena alasan kesibukan, padahal cukup mudah untuk tetap membuat skutik irit bahan bakar,” ucap Agus saat ditemui beberapa waktu lalu.

Hal pertama adalah oli. Oli mesin wajib secara berkala diganti, penggunaan harian bisa sebulan sekali. Selain itu gunakan spesifikasi oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Bila terlalu kental bisa membuat mesin bekerja keras.

Perhatian selanjutnya adalah saringan udara. Bila bagian ini jarang dibersihkan dan diganti secara periodik maka proses kerja mesin jadi terhambat. Akibatnya skutik jadi terasa tidak bertenaga dan boros bahan bakar.

“Terakhir perlakuan pengendara. Jika sering buka tutup gas sembarangan, untuk mendapatkan tenaga, jelas lebih boros bahan bakar. Apalagi yang tidak sabaran di jalan, motor minum bensinnya lebih banyak,” ucap Agus.(rul)

Sumber:otomania.com

Comments