Ini 3 Jurus Jitu Pendidikan Anak

Bogoronline.com – Pendiri SMP Islam Terpadu Sains dan Quran, Ustadz Bakrun Syafi’i memberikan tiga jurus jitu dalam mendidik anak secara Islami. Yakni Tilawah, Tazkiyah dan Taklim.

 

“Tilawah atau membacakan Alquran kepada anak-anak kita ditujukan agar ilmu dan wahyu kebenaran dari Allah SWT itu selaras. Dulu guru di sekolah mengajarkan bahwa manusia berasal dari kera. Ini terjadi karena ahli tafsir tidak mau belajar sains sebaliknya guru sains tak mau belajar tafsir,” kata Bakrun Syafi’i di Sekolah Komunitas Kebon Maen, Tapos, Depok, Sabtu (4/2/2017).

 

Jurus ke dua adalah Tazkiyah atau membersihkan. Tazkiyah ini ada beberapa tingkatan. Pertama Tazkiyatun Azkiya atau membersihkan kecerdasan.

 

“Banyak orang pintar tapi nggak benar, ini bukti perlunya tazkiyatun azkiya atau membersihkan kecerdasan,” ujar pria 60 tahun jebolan Universitas Riyadh dan UIKA Bogor.

 

Tazkiyah yang ke dua adalah Tazkiyah Irradiyah atau membersihkan potensi keinginan. Pembersihan ke tiga adalah tazkiyatun panca indera seperti utama adalah pendengaran dan penglihatan.

 

“Jaga anak-anak kita dari tayangan negatif di televisi dan tutur kata orang di lingkungannya. Jangan sampai pulang main bawa kumpulan nama hewan di rumah. Termasuk bersihkan matahatinya dan dijaga dari hal negatif,” tutur peraih sarjana di LIPIA.

 

Kemudian Tazkiyatul Bi’ah atau membersihkan lingkungan dengan cara turut serta melakukan perubahan di lingkungan sekitar. “Kita harus berperan mensolehkan lingkungan kita ini jurus tazkiyatun Bi’ah,” imbuhnya.

 

Setelahnya ada tazkiyatun Ulum Wal Maarif atau membersihkan ilmu pengetahuan.

 

“Orang-orang liberal itu terbentuk karena konsep yang salah makanya jadi liberal. Kemudian terakhir baru Tazkiyatun Nafs atau membersihkan jiwa. Jadi jiwa bersih jika tingkatan pembersihan tadi dijalani lebih dulu,” kata Bakrun.

 

Jurus pamungkas dalam mendidik anak setelah Tilawah, Tazkiyah adalah Taklim atau pengajaran.

 

“Baru kemudian terakhir adalah pengajaran di sekolah berupa program pendidikan yang terstruktur dan dijalankan bersama sahabat lainnya. Ini semua adalah jurus pendidikan integral yang menyatukan antara ilmu dan pribadi sehingga menjadi karakter yang baik dan benar,” tandas Bakrun. ( Herry Keating)

 

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.