Menhub Minta Bogor Gandeng Swasta Kembangkan Terminal

JAKARTA- Pihak swasta terus didorong masuk ke beberapa sektor transportasi di kota/kabupaten, Bogor khususnya. Baik yang bersifat sarana maupun prasarana. Hal.itu diungkapkan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam launching moda transportasi Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion), di ITC Mangga Dua, Jakarta, Selasa (14/2).

Menurut Budi Karya, salah satu yang bisa jadi peluang bagi swasta yakni pengelolaan terminal bus. Budi pun tak ragu menunjuk Bogor memiliki potensi untuk melakukan hal itu.

“Ini juga bagi semua pihak, Bogor kalau mau buat terminal yang bekerjasama‎ dengan swasta. Akan tetapi harus win-win solution, jangan tanahnya dihabiskan,” papar Budi, Selasa (14/2).

Budi Karya menambahkan, saat ini pihaknya telah mengambil alih Terminal tipe A di setiap daerah untuk dikelola oleh Dirjen Perhubungan Darat. Itu diharapkan ada peningkatan pelayanan.

Budi mengaku sudah memiliki Peraturan Menteri (PM) Nomor 32 tahun 2016 mengenai penyelenggaraan angkutan umum tidak dalam trayek. Aturan ini bisa menjadi pintu gerbang perusahaan swasta dalam mengembangkan sektor transportasi Indonesia.

“Ini tandanya ada ruang bagi swasta untuk ikut dalam kegiatan mengangkut penumpang dan lain sebagainya,” tutur Budi. (cex)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.