Essien Resmi Berbaju Persib, Ini Taksiran Gajinya

BANDUNG- Persib Bandung resmi memperkenalkan Michael Essien sebagai punggawa mereka dalam mengarungi Liga 1 Indonesia musim 2017. Eks bintang Real Madrid itu bakal mengenakan nomor punggung lima.

Nomot itu telah identik dengan pemain Ghana sejak berkostum biru-biru Chelsea. Saat itu, gelandang 34 tahun menorehkan prestasi gemilang bersama The Blues. Ia meraih berbagai gelar dari Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga, hingga Liga Champions.

Sebelumnya, nomor punggung lima sendiri hanya digunakan Essien di Chelsea karena ia menggunakan nomor lain saat membela Bastia, Lyon, Real Madrid, AC Milan dan Panathinaikos.

Essien dipernalkan manajemen Persib, Selasa (14/3). Foto: @persib

Ketika membela Bastia, Essien memilih nomor punggung 25 dan kemudian berpindah jadi nomor punggung empat di Lyon.

Saat membela Real Madrid dan AC Milan, Essien memilih mengenakan nomor punggng 15, sedangkan saat berkostum Panathinaikos di Liga Yunani, Essien bermain dengan nomor punggung dua.

Kedatangan Michael Essien merupakan salah satu kejutan besar jelang dimulainya kompetisi musim ini. Kiprah Essien di Eropa bakal membuat dirinya jadi pusat perhatian saat mulai bertualang di Liga 1 musim ini.

Berapa Gaji Essien?

Menengok nilai pasar yang tercatat di Transfermarkt, Essien saat ini berharga 800 ribu euro atau sekitar Rp 11,3 miliar. Nilai itu, lebih besar dari harga Sergio van Dijk 450. Nilai pasar pemain naturalisasi asal Belanda tersebut adalah 350.000 euro atau sekitar Rp 4,9 miliar.

Wajar nilai pasar Essien bisa mahal. Hal tersebut tidak terlepas dari pengalamannya di level Eropa. Dia tercatat pernah memperkuat Bastia, Lyon, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, dan terakhir Panathinaikos.

Mendatangkan Essien merupakan opsi lain setelah gagal mendatangkan Ronaldinho ke Bandung. Mantan pemain timnas Ghana ini diperkenalkan tepat saat Persib merayakan hari jadi yang ke-84 pada 14 Maret 2017.

Manajer Persib, Umuh Muchtar, menyebut kehadiran Essien adalah hadiah ulang tahun bagi Persib. Ia merasa bahagia kedatangan pemain berusia 34 tahun itu. Ia juga berharap Essien bisa membawa dampak positif bagi tim.

“Saya sangat senang dan bahagia. Kedatangan Essien ini benar-benar membuat saya senang. Saya berharap, kehadiran Essien bisa membantu menyukseskan ambisi Persib untuk mempertahankan gelar juara di Liga 1 Indonesia nanti,” ujar Umuh saat mengenalkan secara resmi Essien di Bandung, dilansir CNNIndonesia, Selasa (14/3).

Sementara itu, Direksi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengungkapkan, kehadiran Essien diharapkan bisa meningkatkan nilai jual Persib. Ia juga berharap Essien bisa semakin mendongkrak prestasi Maung Bandung.

“Saya berharap, kehadirannya bisa membawa kemajuan bagi Persib, dan sepak bola Indonesia. Proses mendatangkannya cukup sulit, syukur alhamdulillah, dia bisa datang ke sini,” ucapnya.

“Essien orang yang baik. Dia mau mengembangkan sepak bola Indonesia, dia melihat sepak bola sebagai olahraga paling populer di Indonesia, jadi dia ingin memajukan sepak bola di sini,”

Teddy sendiri enggan membeberkan nilai kontrak. Namun, Essien dipastikan mendapat durasi kontrak selama 1 tahun, dengan opsi perpanjangan bila performanya memuaskan. (cex/cnn)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.