Gus Sholah Kunjungi Rumah Sehat Dompet Dhuafa

KEMANG – Setelah beberapa pejabat penting tingkat nasional dan lokal, serta beberapa publik figur mengunjungi Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST DD) yang berlokasi di Desa Jampang Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, kali ini seorang tokoh nasional yaitu KH. Sholahudin Wahid berkunjung ke lokasi tersebut. Dalam kunjungan tersebut, adik kandung mantan Presiden RI Abdurahman Wahid ini didampingi istrinya dan disambut oleh pendiri dan pembina Yayasan Dompet Dhuafa Parni Hadi serta Dirut DD Imam Ruliawan. Kehadiran Gus Soleh, sapaan sang Kyai, adalah untuk melakukan pembicaraan seputar aktualisasi dan implementasi pengelolaan Zakat, Infak, Shodaqoh dan Wakaf (ZISWAF ) seperti yang telah sukses dilakukan oleh DD secara amanah dan profesional. “Kan sebaik-baik manusia itu adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya. Lembaga semacam DD ini perlu dicontoh dan perlu diperbanyak. Karena sangat bermanfaat untuk umat dan masyarakat, khususnya kaum dhuafa,” ucap Gus Sholah saat diwawancarai wartawan, kamis, 20/04/2017.

Selain melakukan pembicaraan dengan pendiri dan para pengelola lembaga DD, pengasuh Ponpes Tebu Ireng Jombang Jawa Timur ini, melihat langsung berbagai fasilitas yang ada di kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa seperti Rumkit RST, Makmal Pendidikan dan lainnya. Gus Sholah juga menyempatkan diri menyapa dan memberikan do’a kepada beberapa pasien yang dirawat di RS RST Dompet Dhuafa. “potensi zakat, infak dan shodaqoh serta wakaf di Indonesia sangat besar. Potensi ini bisa dikelola secara amanah dan profesional untuk kemaslahatan umat. Insya Alloh, Ponpes Tebu Ireng akan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa.” ujar KH. Sholahudin Wahid.

Sementara pendiri sekaligus pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi, mengaku siap belerjasama dengan semua pihak termasuk berbagi pengalaman dalam pengelolaan dana Ziswaf secara profesional. “Kami sangat terbuka untuk berbagi dengan siapapun. Kunjungan beberapa tokoh nasional merupakan kebanggaan dan merupakan dukungan terhadap keberadaan Dompet Dhuafa ditengah umat.” ujar Parni Hadi. Sedangkan, Sabeth Abilawa, Corporate Secretary Dompet Dhuafa menerangkan, semenjak beroperasi pada 4 Juli 2012, RST Dompet Dhuafa hadir sebagai rumah sakit nonprofit untuk melayani kesehatan kaum dhuafa yang selama ini tidak mendapatkan layanan kesehatan yang layak. RS RST Dompet Dhuafa memiliki beragam fasilitas secara lengkap demi menunjang masyarakat dhuafa dalam rangka pelayanan kesehatan secara maksimal. “Seiring laju perkembangan masyarakat di wilayah sekitar kota-kota besar seharusnya ditambah dengan pengadaan fasilitas umum yang semakin layak untuk diterima manfaatnya oleh masyarakat dari berbagai lapisan,” ujarnya.

Sabeth Abilawa menambahkan, ada kesempatan kali ini Kamis, kunjungan Gus Sholah yang dikenal sebagai tokoh ulama Nahdlatul Ulama (NU) yang sangat berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, merupakan sebuah kehormatan dan kebanggan tersendiri. Bagi Dompet Dhuafa (DD), sambungnya, interaksi dengan Gus Sholah sudah kesekian kalinya melalui forum forum yang juga melibatkan Ketua Pembina DD Bapak Parni Hadi. “DD berharap dengan adanya kerjasama dan sinergi DD dengan keluarga besar NU ataupun Pondok Pesantren Tebu Ireng asuhan Gus Sholah untuk semakin menguatkan peran layanan kesehatan bagi masyarakat kecil.” ujar Sabeth.

Seperti diketahui, Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, baik dari perorangan, kelompok, maupun dari perusahaan/lembaga.

Selama 23 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan, (mul).

Comments