Jalan Lingkar Dramaga Ditarget Selesai November 2017

DRAMAGA- Bosan dengan kemacetan di Jalan Raya Dramaga, Pemerintah Kabupaten Bogor mengupayakan percepatan pembangunan Jalur Lingkar Dramaga. Pembangunan tahap I pun ditarget selesai tahun ini.

Bupati Bogor, Nurhayanti menyadari jika kemacetan di Jalan Raya Dramaga karena kian meningkatnya volume kendaraan serta lebar jalan yang kurang memadai. Maka, Jalur Lingkar Dramaga segera dirampungkan untuk mengurai kemacetan.

“Saat ini baru selesai sepanjang 400 meter yang ada di belakang Terminal Laladon,” kata Nurhayanti saat meninjau pembangunan jalan itu, Selasa (4/4).

Yanti memastikan pembangunan Jalur Lingkar Dramaga merupakan prioritas pembangunan di sisi barat Kabupaten Bogor. “Walapun belum optimal bila keluarnya di Duta Berlian, akan tetapi kami akan merencanakan membuka jalur sampai melewati Kampus IPB Dramaga dan daerah Cihedeung,” tukas Yanti.

Karena, kata dia, dalam site plan Dramaga Cantik dan Dramaga Tower akan ada jalan beaar yang terkoneksi dengan jalan pemerintah daerah. “Supaya masyarakat memiliki alternatif,” jelas nenek tiga cucu itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor Yani Hassan menerangkan, proyek pembangunan jalan sepanjang 3,7 kilometer dan lebar 15 meter ini secepatnya dilelang oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

“Pembebasan lahan sudah selesai. Saat ini berkas proyek pembangunan jalan lingkar Laladon-Dramaga ini sedang disusun dan secepatnya dilelang. Kami berencana bulan November 2017 jalan lingkar ini sudah siap digunakan,” kata Yani Hassan.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Wasto Sumarno berharap pembangunan Jalan Lingkar Laladon-Dramaga ini tidak hanya dilaksanakan hingga Hotel Duta Berlian, tapi hingga Leuwiliang, Ciampea hingga ke daerah barat lainnya.

“Kami harap pembangunan jalan lingkar di jalan nasional ini tidak hanya berhenti di Dramaga, tapi juga membangun jalan lingkar Utara Barat atau Rumpin-Leuwiliang,” tandasnya Wasto Sumarno. (cex)

ARTIKEL REKOMENDASI