Inilah Cara Membuat Alat, Penghemat Listrik Sederhana

bogorOnline.com-

Listrik sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan rumah yang harus ada, mau tidak mau kita harus menggunakannya. Karena memang zaman sekarang ini semua peralatan elektronik menggunakan daya listrik mulai dari TV, Kulkas, Pompa Air, AC, Kompor dan alat lainnya semua membutuhkan daya listrik. Apalagi setiap tahun harga listrik perKWH pasti mengalami kenaikan dan kita tidak bisa menolaknya sehingga pajak listrik bulanan menjadi lebih mahal.

cara menghemat listrik

 

Solusinya sebenarnya bisa energi alternatif dengan panel surya tetapi sekarang ini harga panel surya masih mahal belum terjangkau. Solusi lain yang mudah ditempuh adalah dengan membuat alat penghemat listrik di rumah anda. Untuk menemukan sejenis alat penghemat listrik ini anda bisa mencarinya dipasaran sekarang sudah banyak yang menjualnya dengan berbagai harga yang bervariasi. Tetapi anda perlu berhati-hati jangan sampai membeli alat listrik yang melanggar peraturan PLN sehingga anda malah bermasalah dan dijatuhi denda.

 

Ada 2 metode yang bisa digunakan untuk menghemat listrik di rumah anda yang bisa digunakan untuk listrik elektrik maupun non elektrik. Metode yang bisa digunakan adalah :

 

Memasang alat penghemat  listrik sebelum meteranMemasang alat penghemat listrik sesudah meteran

 

Tetapi anda jangan memasang alat sebelum meteran listrik karena itu termasuk tindakan ilegal bisa dikenakan denda yang besar. Tetapi jika anda memasang alat penghemat listrik setelah meteran biasanya tidak menjadi masalah oleh PLN. Biasanya alat penghemat listrik membutuhkan beberapa kapasitor atau kapasitor AC yang berfungsi untuk menyimpan listrik. Kapasitor tersebut menjadi buffer listrik yang siap untuk ditarik jika terjadi tarikan daya listrik yang mendadak sehingga tidak sampai ke meteran listrik.

 

Nah berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membuat alat penghemat listrik yang sederhana tetapi sangat bermanfaat. Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak karena untuk harga komponennya masih terjangkau dan mudah ditemukan di toko-toko elektronika sekitar anda. Untuk alat penghemat listrik ini dibedakan menjadi 2 yaitu untuk instalasi listrik seluruh rumah dan untuk stop kontak saja. Berikut penjelasannya :

 

 

Rangkaian penghemat listrik untuk instalasi listrik di rumah

 

Jika anda tidak terlalu paham dengan rangkaian listrik bisa langsung saja menunjukan gambar ini kepada yang lebih tahu tentang elektronika. Untuk harga komponen yang dibutuhkan bisa dibeli di toko elektronika disekitar anda dan harganya bervariasi sesuai dengan kebutuhan listrik rumah anda. Alat ini nantinya bisa menghemat pemakaian listrik diseluruh rumah secara langsung.

 

 

Untuk alat  ini tinggal dipassangkan distop kontak rumah anda, bisa digunakan terutama untuk menghemat alat-alat elektronik yang anda miliki. Alat elektronika yang dibutuhkan diantaranya seperti berikut ini :

 

Box Power Supply ukuran sedang dengan bahan dasar dari plastikKabel power pada CPULampu kecil bisa menggunakan LED jugaFuse 4-5A dan SekringKapasitor 10uF 450volt AC

 

Bagaimana mudah bukan untuk Cara Membuat Alat Penghemat Listrik ? Langsung saja aplikasikan ke rumah anda agar biaya tagihan listrik menjadi lebih hemat.

 

Selamat mencoba.

 

Kata kunci pencarian:

cara membuat alat penghemat listrik sederhana , cara membuat alat penghemat listrik , membuat alat penghemat listrik ,rangkaian penghemat listrik , cara buat alat penghemat listrik , membuat penghemat listrik sendiri.(rul)

 

Sumber:majalahgadget.com

ARTIKEL REKOMENDASI