Lewat Manuk Dadali, Bupati Bogor Ajak Masyarakat Bangga Menjadi Indonesia

CIBINONG -Bupati Bogor, Nurhayanti menyedot perhatian publik di tengah acara Kirab Kebangsaan Indonesia Raya, di Stadion Pakansari Cibinong. Bupati mendedangkan lagu Manuk Dadali diiringi alunan musik angklung dari Gereja Betlehem.

“Manuk Dadali manuk panggagahna. Perlambang sakti Indonesia Jaya.
Manuk Dadali pangkakon carana. Resep ngahiji rukun sakabehna,” dendang Bupati penuh semangat.

Manuk Dadali adalah Burung Garuda yang dijadikan lambang negara Indonesia. Lewat lagu ciptaan Sambas Mangundikarta tersebut, Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Bogor untuk bangga menjadi bangsa Indonesia yang ditengah keberagaman tetap bisa bersatu.

Dalam orasi kebangsaannya, Bupati Bogor, mengapresiasi kegiatan Kirab Kebangsaan yang diinisiasi oleh Taruna Merah Putih. “Saya sangat bangga karena ini menunjukan seluruh elemen bersatu tanpa memandang ras, agama dan suku,” kata dia.
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI dan Kepolisian yang telah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga tetap kondusif. Menurut dia, kondusifitas wilayah sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan. “Pak Kapolres dan Pak Dandim ini mitra saya dalam membangun Kabupaten Bogor,” ucap Bupati didamping Kapolres dan Dandim Bogor.

Acara  Kirab Kebangsaan Indonesia Raya yang digelar mulai dari Gedung Kesenian hingga Stadion Pakansari Cibinong, diikuti belasan ribu orang. Jumlah peserta ini melampaui target panitia yang memperkirakan jumlah peserta 7 ribu orang.

“Saya terkesan sekaligus juga sangat terharu. Antusiasme warga Bogor untuk hadir pada acara ini menunjukan bahwa kita berkomitmen untuk merawat dan menjaga Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” ujar Ketua Panitia, Egi Gunadhi Wibhawa.

Peserta berjalan sepanjang 2 Kilometer dengan berbagai atribut organisasi, kebudayaan dan juga yang paling mencolok bendera merah putih yang terus dikibarkan sampai panggung utama tempat berlangsungnya kegiatan.
Egi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut, terutama kepada ketua Umum Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait, Bupati Bogor, Nurhayanti dan juga Walikota Bandung, Ridwan Kamil yang menyenpatkan hadir pada acara tersebut (ful)

 

Comments