Warga Cibinong Waspada, Pencurian Rumsong Saat Ditinggal Mudik

CIBINONG-

Pihak Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, meminta kepada seluruh warganya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017 M, harus tetap waspada terhadap para pelaku kejahatan, salah satunya ada pencuri rumah kosong (Rumsong).

Hal itu seperti penjelasan Sekretaris Camat (Sekcam) Cibinong Andri Rahman mengatakan, memang saat Hari Raya tentunya banyak sekali rumah yang ditinggalkannya oleh para pemiliknya untuk mudik kekampung halamannya masing-masing. Dengan begitu sebelum masyarakat yang pergi mudik hendaklah memastikan rumahnya dalam kondisi aman. Jangan sampai meninggalkan rumah dengan coroboh, yang dapat menimbulkan atau memberikan kesempatan bagi para pelaku kajahatan.

“Jangan tinggalkan rumah begitu saja, namun titipkan dengan tetangga, karabat, atau ketua Rt setempat. Sehingga ada yang mengawasi dan menjaganya. Dengan cara seperti itu, maka pencurian dapat terhindari. Karena maling akan berpikir panjang untuk beraksi. Walaulun rumah itu tidak ada penghuninya,” kata Andri saat ditemui bogorOnline.com di kantornya.

Andri menambahkan, warga juga diminta untuk menginformasikan kepada Petugas setempat jika ada rumah yang ditinggalkan mudik terdapat hal-hal yang mencurigakan. Dengan adanya laporan itu, maka pihak berwajib dapat bergegas untuk melakukan tindakan. Dikarenakan aksi kejahatan terjadi lantaran adanya kesempatan, maka perlu dipersempit peluang itu dengan tetap hati-hati walupun pergi mudik menjelang Lebaran seperti ini. Kerena biasanya aksi tindak kejahatan seperti pencurian kerap terjadi.

“Para pelaku memanfaatkan kondisi rumah kosong yang ditinggalakan mudik oleh pemiliknya,” tambahnya.(rul)

Comments