Unhan Ajak Generasi Muda Cinta Tanah Air

BOGOR – Universitas Pertahanan Nasional (Unhan) menggelar kegiatan Parade Cinta Tanah Air, di Auditorium Unhan, Kampus Bela Negara IPSC Sentul, Kamis (27/7). Kegiatan yang diikuti perwakilan siswa dari 11 SMA/K se Bogor tersebut, diisi dengan lomba pidato dan karya tulis dengan tema bela negara.
Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda, terutama para pelajar. Selain itu, secara umum kegiatan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuangkan pemikirab sesuai standar penulisan ilmiah. “Kegiatan ini juga mampu mengantarkan peserta kepada keterampilan atau kemahiran menulis dan mampu mengurai suatu permasalahan yang mendorong perlunya usaha menyelesaikan solusi,” ujarnya.
Wayan menegaskan, lomba pidato dan karya tulis ilmiah bela negara pada program PCTA ini diselenggarakan agar para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa dibekali dengan kemampuan dan pemahaman pentingnya karakter bangsa dan bela negara. Dengan demikian, pada saatnya nanti akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang handal yang dapat membawa bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih maju dan lebih bermartabat serta mampu bersaing di kancah internasional.
“Yang tidak kalah penting kegiatan PCTA ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat bela negara, rasa kebersamaan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan bangsa bagi generasi penerus bangsa,” katanya.
Kegiatan PCTA diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Kegiatan ini dilakukan melalui tahapan pengiriman karya tulis ilmiah, naskah dan rekaman pidato, dilanjutkan tahap penyisihan pada 19 Mei dan 7 Juli 2017. Final kegiatan diikuti 20 orang untuk pidato dan 20 naskah karya tulis. Final dilaksanakan dihadapan dewan juri.
Final kegiatan parade cinta tanah air ini dihadiri pejabat eselon I, II dan III di lingkungan Unhan. Hadir juga para kepala sekolag dan guru pendamping dan perwakilan siswa dari 11 SMA/K SE Bogor. (ful)

Comments