Menakjubkan Ternyata Biji Nangka, Memilik Khasiat Dibawah Ini

bogorOnline.com-

Buah nangka, siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Buah ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki bau harum yang khas, ditambah lagi rasanya yang manis membuat buah ini menjadi salah satu primadona para pecinta buah. Tahu nggak, selain memakan buahnya, ternyata beberapa masyarakat juga ikut mengonsumsi bijinya, lho! Bagi kalian yang belum merasakannya, hmm..pasti nyesel. Kok gitu? Karena selain rasa bijinya enak juga memiliki banyak khasiat. Biji nangka memiliki setidaknya 6 khasiat bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa aja? Berikut ulasannya:

1. Mencegah Anemia

Kalau khasiat yang satu ini jangan diragukan lagi, bahwa ternyata biji nangka mempunyai manfaat sebagai pencegah anemia. Ini karena kandungan zat besi yang cukup tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan harian. Kalian tentunya tahu kalau zat besi dibutuhkan sebagai bahan penyusun sel darah merah. Dengan memenuhi kebutuhan zat besi, tubuh akan memperoduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup sehingga penyakit anemia nggak bakalan berani dekat-dekat.

2. Melancarkan Aliran Darah

Biji nangka juga dapat melancarkan aliran darah. Jika aliran darah dalam tubuh berjalan lancer, maka tentunya kalian akan terbebas dari beberapa penyakit kardiovaskuler, seperti jantung koroner, hipertensi, bahkan stroke.

3. Memelihara Kesehatan Kulit

Zaman sekarang ini, seseorang dituntut harus dapat tampil menarik. Bukan hanya gaya berpakaian saja, kulit yang tampak bersih terawat juga ikut menjadi prioritas utama. Oleh sebab itu, banyak bermunculan produk-produk kecantikan yang dipercaya mampu memelihara kesehatan kulit, sehingga tampak lebih cerah dan lebih awet muda. Tapi tentunya harga yang ditawarkan juga bukan main-main. Untuk mengakalinya, kalian bisa menggunakan biji nangka sebagai terapi kulit agar kesehatan kulit dapat terpelihara.

4. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada biji nangka juga dapat melancarkan pencernaan yang menandakan bahwa organ pencernaan dalam keadaan sehat. . Pencernaan yang sehat akan menhgindarkan tubuh dari berbagai penyakit, seperti sembelit, konstipasi, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas itu sangat merugikan tubuh, ditambah lagi keberadaannya yang bisa ada dimana-mana tanpa mengenal tempat dan waktu, sehingga tubuh tidak mempunyai kesempatan terbebas dari paparan zat yang satu ini.

Meskipun begitu, tubuh masih dapat menangkalnya, tentunya dengan bantuan antioksidan. Untuk mencukupi kebutuhan antioksidan, kalian bisa mengonsumsi olahan biji nangka. Olahan yang paling simpel yaitu dengan merebus biji nangka.(rul)

Sumber: http:/www.kesehatanpedia.com/2014/10/manfaat-biji-nangka-rebus.html

Comments