Ratusan Billboard Toko Modern Bodong

Cibinong – Ratusan papan billborad yang terpampang di toko modern hampir tersebar di wilayah Kabupaten Bogor ditengarai tak memiliki izin, sehingga lolos tidak dikenakan pajak daerah.

Dari data di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bogor, terdapat 1035 toko modern, namun hanya 632 izin billboard yang telah diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor sampai dengan Juni 2017.

Kepala Seksi (Kasi) IKP pada DPMPTSP Kabupaten Bogor, Junaedi Latif mengatakan, dari 632 izin billboard yang telah diterbitkan itu tak berbuah dari akhir tahun 2016 lalu.

“Rekapitulasi jumlah yang terbit tahun 2016 itu rinciannya sebanyak 496 Alfamart, 132 Indomart dan 4 Alfamidi. Untuk tahun ini yang sudah terdata oleh kami hingga bulan Juni kemarin itu baru ada dua milik Indomart,” ujar Junaedi, kemarin.

Ia menerangkan, sebelum menerbitkan izin pemohon diwajibkan membayar pajak daerah terlebih dahulu ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. “Kami memberikan pengantar pajak yang akan dibayarkan sendiri oleh pemohon di Bappenda Kabupaten Bogor. Sudah bayar dan diperlihatkan bukti setornya, baru izin diterbitkan,” jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran pajak billboard bagi toko modern yang pada umunya memasang dua billboard tersebut. “Bukan hanya lebar, nilai strategis, pakai tiang atau menempel di bangunan, depan belakang dan lampu dalam maupun luar. Hal-hal tersebut menentukan besaran tarif,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disperindag Kabupaten Bogor, Jona Sijabat mengungkapkan, di Kabupaten Bogor ini ada ribuan toko modern yang terdata di Dinasnya. “Sekitar 1053 toko modern. Data tersebut berdasarkan dari laporan yang juga dilakukan oleh pihak kecamatan,” kata Jona.

Ia memaparkan, penyebaran toko modern di Kabupaten Bogor yang paling banyak itu ada di 20 kecamatan yang direncanakan pada tahun ini akan diberlakukan moratorium.

“Ya, paling banyak toko modern berdiri itu diantaranya di Cibinong, Citeureup, Gunung Putri, Babakan Madang, Bojong Gede, Sukaraja, Ciawi, Megamendung dan Cisarua,” tukasnya. (di)

Comments