Sedang Jalani Pidana di Lapas Gunungsindur, Mantan Walikota Palembang Tutup Usia

GUNUNGSINDUR – Mantan Wali Kota Palembang Romi Herton meninggal dunia saat jalani pidana di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Berita kematian warga binaan yang menjadi narapidana kasus korupsi ini, dibenarkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsindur Mujiarto kepada bogoronline.com, Kamis (28/9/2017).

“Betul seorang warga binaan kami atas nama Rommi Herton telah meninggal dunia di RS Hermina Serpong Tanggerang. Kabar dari tim medis kami terima sekitar pukul 01.31 WIB,” terang Kalapas Gunungsindur.

Mujiarto menjelaskan, kronologis meninggalnya Rommi Herton berawal saat ada petugas keamanan Lapas pada pukul 00.05 WIB melaporkan, ada warga binaan yang pingsan. Lalu petugas medis lapas dari tim reaksi jantung paru (RJP) langsung memberikan pertolongan. Namun kondisi Rommi Herton tidak ada perkembangan. “Jam 00.57 WIB yang bersangkutan dibawa ke RS Hermina dan tiba disana pada pukul 01.15 WIB,” jelasnya. Masih kata Mujiarto, sekitar pukul 01.31 WIB pihak medis RS Hermina menginformasikan Rommi Herton meninggal dunia. “Almarhum menderita sakit jantung. Sejak dipindahkan dari Lapas Sukamiskin kesini, beliau pernah sakit dan dirawat selama 2 minggu di RS Pengayoman Jakarta,” imbuhnya.

Sebelumnya, Romi Herton ditahan di sel Blok D yang khusus digunakan sebagai kamar kasus tindak pidana korupsi. Rommi Herton mengisi satu kamar bersama 3 warga binaan lainnya, salah satunya Gayus Tambunan. “Jenazah sudah kami serahkan kepada pihak keluarga dan disakaikan walikota Palembang.” pungkas Mujiarto. dan istrinya Masyito terseret kasus bersama mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Choisyah. Atut terbukti menyuap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar sebanyak Rp 1 milliar untuk memenangkan gugatan salah satu pasangan calon bupati dalam pilkada Lebak yaitu adanya pemilihan ulang di daerah tersebut, (mul).

Comments