Uu Ruzhanul Ulum Bangun Karakter Agama

Caringin – Bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga Bupati Tasikmalaya Uu Rhuzanul Ulum, telah memberikan kebijakan program di wilayahnya, terutama dalam pengembangan karakter.

Terlebih, dengan telah ditandatangani Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2017, merupakan kabar baik untuk penguatan pendidikan karakter. Ia berpandangan bahwa pendidikan karakter harus sejalan dengan pendidikan agama dalam implementasinya.

“Pendidikan yang kita terapkan adalah pendidikan yang berdampingan antara dunia dan ilmu ukhrawi (ilmu agama) sehingga dalam kehidupan menjadi berimbang. Kalau tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa maka disambung dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan,” kata Uu kepada bogoronline.com saat ditemui di Caringin, Kabupaten Bogor, kemarin.

Menurunnya, orang tua akan bangga jika anaknya pintar dalam ilmu Matematika, Fisika atau Biologi dengan dibarengi kepribadian atau akhlak yang mulia. “Akan merasa bangga jika anak-anak kita berprestasi atau juara di Olimpiade Internasional, tapi akan lebih bangga jika juara Olimpiade Internasional itu dibarengi dengan karakter akhlakul karimah dan akhlak mulia. Jika memiliki anak berbudi mulia dan berbudi luhur maka tidak akan ternilai harganya,” ujarnya.

Untuk itu, Politisi PPP ini menambahkan, selain pendidikan secara umum juga harus didampingi pendidikan agama. Pendidikan karakter berusaha mendidik siswa agar mempunyai moral yang baik dan ajaran moral tentu tak bisa dilepaskan dari ajaran agama.

“Di Tasikmalaya, bukan hanya di pesantren saja yang belajar kitab kuning, di tingkat sekolah SD, SMP dan SMA pun belajar kitab kuning, termasuk tes baca tulis Al Qur’an setiap masuk sekolah dan ini sudah termuat dalam Perbup,” jelasnya.

Untuk itu, kebijakan yang telah dibuat di Kabupaten Tasikmalaya, bakal dibawanya ke tingkat Jawa Barat jika dirinya dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Jawa Barat. (dip)

Comments