Kadis Oetje Siap Data Warga Binaan Pondok Rajeg, Jelang Pilbup Bogor 2018

CIBINONG-

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor Oetje Subagdja mengatakan, pihaknya berjanji akan menurunkan petugasnya ke Lapas Pondok rajeg kelas II A Cibinong, jika memang memerlukan perekaman KTP-el. Meski demikian, dirinya menjelaskan jika syarat perekaman harus memiliki Kartu Keluarga (KK). Sementara warga binaan belum tentu memegang KK karena jauh dari keluarga.

“Nanti kami kirim petugas kecamatan terdekat untuk datang ke lapas. Tinggal dibaut surat permintaan perekaman, berapa orang yang perlu perekaman. Kami juga akan melakukan pertemuan kembali membahas hal ini dengan KPU dan pihak lapas agar lebih jelas,” singkat Oetje saat dihubungi bogorOnline.com.

Sebelumya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor Divisi Teknis, Perencaan dan Data, Ummi Wahyuni mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Kalapas yang tengah melakukan pendataan. Dengan begitu, permasalah identitas diri ini bisa diselesaikan bersama-sama dan warga binaan bisa mendapatkan haknya.

“Kendalanya biasanya memang warga binaan belum punya KTP dan ada juga yang memiliki lebih dari satu. Hasil dari rapat sebelumnya kami meminta data dan akan disampaikan ke Disdukcapil. KPU memfasilitasi agar warga binaan bisa memiliki KTP karena itu syarat mutlak untuk bisa memilih,” terang kepada Wartawan.(rul)

Comments