Staf Ahli Menkopolhukam Pembubaran HTI Sudah Tepat, Ideologinya Berbahaya

bogorOnline.com-

Staf ahli Menkopolhukam, Sri Yunanto, mengatakan bahwa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) memiliki ideologi yang berbahaya, maka pemerintah membubarkan ormas tersebut sudah sangat tepat.

“HTI ideologinya berbahaya bahkan di beberapa negara itu berpotensi kudeta. HTI ini strateginya setelah ada gerakan dia melakukan pergantian kekuasaan kalau dia bisa mempengaruhi orang itu, 20 negara di dunia sudah membubarkan HTI dan Indonesia itu yang ke-21,” ujarnya di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (18/10).

Menurutnya, gerakan-gerakan HTI di tempat lain yang telah dipelajari memiliki potensi untuk mengubah bangsa ini.

“Siapa yang mau bangsa dibubarkan. Di Asia tengah HTI itu sudah masuk kategori teroris,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Yunan, apabila pemerintah tetap menggunakan UU Ormas yang lama, maka proses pembubaran tersebut bisa memakan waktu yang sangat lama.

“Saya katakan HTI itu orang pintar-pintar, prosesnya itu bisa prosesnya itu bisa lima tahun sampai enam tahun. Kalau undang-undang lama itu ada teguran satu, dua dan tiga kemudian lapor ke Mahkamah Agung (MA) di sana aja kita nggak tahu MA nya bagaimana. Kemudian usul ke pengadilan dan sebagainya jadi kapan mau selesai sementara gerakan HTI-nya sudah seperti ini,” tuturnya.

Oleh karena itu, pemerintah melihat persoalan HTI ini tidak bisa kalau hanya diselesaikan dengan menggunakan UU ormas yang lama, sementara pemerintah mempunyai kewenangan untuk menerbitkan Perppu.

“Pemerintah mempunyai kewenangan kecuali pemerintah tidak mempunyai kewenangan. Presiden tuh punya kewenangan yang diatur dalam undang-undang pasal 22,” pungkasnya.(rul)

Sumber: http://m.jitunews.com/read/68241/pembubaran-hti-sudah-tepat-ideologinya-berbahaya-dan-berpotensi-kudeta

Comments