Sumpah Pemuda DPD KNPI Kabupaten Bogor, Teruskan Perjuangan Pendahulu

CIBINONG-

Bupati Bogor Nurhayanti meminta seluruh elemen pemuda yang ada di Kabupaten Bogor, untuk terus melanjutkan perjuangan para pejuang di terutama para pemuda yang memprakarsai lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Itu diungkapkan Nurhayanti, pada saat memimpin Upacara Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017,  di Lapangan Tegar Beriman Cibinong.

“Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Bandingkan dengan cara sekarang, Hari ini sarana transportasi umum sangat mudah untuk menjangkau ujung timur dan barat Indonesia hanya dibutuhkan waktu beberapa jam saja,” katanya.

Ia juga mengatakan “Untuk dapat berkomuniksi dengan pemuda di pelosok pelosok nergeri cukup dengan menggunakan alat komunikasi, tidak perlu menunggu datangnya tukang pos hingga berbulan bulan lamanya. Interkasi sosial dapat dilakukan 24 jam, kapanpun dan dimanapun,” ujarnya.

Nurhayanti juga menambahkan, sebetulnya, tidak ada ruang untuk salah paham apalagi membenci, karena semua hal dapat kita konfirmasi dan kita klarifikasi hanya dalam hitungan detik. Dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air,” tambahnya.

Hal senada juga dilontarkan oleh Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor, M. Burhani, yang melihat adanya perbedaan SARA di Indonesia semestinya bisa menjadi pemersatu seluruh bangsa. “Ini saatnya kita para pemuda meneruskan perjuangan para leluhur pencetus Sumpah Pemuda, yang berasal dari berbagai suku di Indonesia yang bisa memperjuangkan kemerdekaan negara ini. Dan pemuda di masa sekarang, harus bisa membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan maju,” tutur Burhani.

Keberagaman Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Bumi Tegar Beriman, masih kata Burhani, janganlah hanya mengedepankan organisasi masing-masing. Sehingga akhirnya malah menimbulkan gesekan konflik antar OKP atau Ormas. “Inilah yang menjadi alasan kami dari DPD KNPI Kabupaten Bogor, mengapa pada perhelatan Sumpah Pemuda tahun ini melibatkan seluruh OKP dan Ormas yang ada di BumI Tegar Beriman. Agar semua elemen pemuda ini bisa bahu membahu mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai kabupaten termaju di Indonesia,” tandasnya.(rul)

Comments