Pemkab Bogor Dukung, Gerakan UMKM Online

CIBINONG-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sangat mendukung visi bersama, Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemerintah daerah dan pelaku bisnis e-Commerce, melakukan Gerakan Nasional digitalisasi UMKM untuk mendorong kekuatan ekonomi nasional yang berbasis UMKM. Dukungan itu ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor Ronny Sukmana dalam Sosialisasi dan Pelatihan UMKM Go Online, yang digelar di Gedung Serbaguna 1, Jum’at (24/11).

“Tentunya program ini yang merupakan wujud nawa cita Presiden RI sejalan dengan program Pemkab Bogor yang ingin UMKM di kita tidak hanya berjualan secara konvesional, akan tapi kita dorong juga untuk menjual secara online” terang Ronny.

Ronny juga menambahkan, Pemkab Bogor mengucapkan terima kasih kepada Kemenkominfo RI, dikarenakan telah memfasilitasi Gerakan Nasional UMKM Go Online. Hal tersebut dapat memacu Pemkab Bogor untuk membantu para UMKM mewujudkan hasil produk yang berkualitas, dan dengan packaging yang menarik. Intinya bagaimana produk UMKM kita dapat dilirik oleh para pembeli di nasional maupun yang di luar negeri.

Sementara itu, Kasubdit Peningkatan TIK pada Kementrian Komunikasi dan Informatika  Harry Hartono menuturkan, dalam kegiatan ini Kemenkominfo RI juga menggandeng para pelaku bisnis e-Commerce yang ada di Indonesia.

“dengan kerjasama ini, peluang pasar nantinya akan semakin luas untuk para UMKM yang ingin memasarkan produknya, kita gandeng e-commerce yang memang sudah tidak asing di Indonesia untuk memberikan pelatihan bagaimana UMKM dapat memasarkan produk dengan jangkauan pasar yang luas dimana kali ini penyuluhan langsung diberikan oleh Marketplace Blibli.com”, jelas Harry.

Masih di tempat yang sama, Erna Ningsih selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor menilai program Go Online UMKM ini sangat bagus sekali. “Ini merupakan program nasionalisasi gerakan kembali menggunakan dan mengkonsumsi produk buatan sendiri yang dihasilkan oleh UMKM karena di tengah persaingan global negara harus hadir memberikan perhatian dan dukungan kepada pelaku UMKM”, tegasnya.

Erna juga menuturkan bahwa Diskominfo akan mendukung penuh perkembangan UMKM dibawah bimbingan pemerintah Kabupaten Bogor. Sebagaimana visi di Kabupaten Bogor, yaitu untuk menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia. “Kami tentu berharap sangat besar dari para pejuang-pejuang UMKM agar bisa turut memajukan perekonomian Mikro, khususnya di Kabupaten Bogor”, harapnya.(Diskominfo/rul)

 

Comments