Ade Yasin UMKM Kabupaten Bogor, Harus Berkembang Dan Sejahtera

CIBINONG-

Jalin sinergitas antara Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Forum UMKM Kabupaten Bogor gelar family gathering, di Lapangan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (12/12/17). Dalam giat diatas juga dihadiri Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Ade Yasin yang juga Calon Bupati Bogor 2018. Ditambah ribuan pelaku UMKM dari 40 kecamatan tumpah ruah mengikuti rangkaian kegiatan.

Ade Yasin mengatakan, dikumpulkannya UMKM ini menjadi wadah dalam menyampaikan aspirasi untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di wilayah Bumin Tegar Beriman. Dengan tujuan untuk membangun sinergitas yang kuat antar UMKM dan Pemerintah Daerah. Agar para pelaku usaha ini bisa mandiri, sebab ada beberapa kandala dirasakan para pelaku UMKM yang memang membutuhkan peranan Pemerintah dalam mengurai persoalan tersebut. Mulai dari permodalan, pemasaran dan SDM, yang solusinya ada di pemerintah.

“Maka salah satu jalan adalah bagaimana pemerintah bisa membantu kesulitan mereka, agar para pelaku UMKM ini memiliki kekuatan sehingga punya daya saing dan mewujudkan kemandirian,” ujarnya saat ditemui Wartawan di lokasi.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekramasda) Kabupaten Bogor, Elly Halimah Yasin menerangkan, UMKM di Kabupaten Bogor memiliki peluang besar untuk banyak peminat. Dan dirinya juga sudah keliling ke beberapa UMKM di daerah lain. Ada beberapa daerah ternyata dari kemasan dan rasa masih jauh ketinggal produk UMKM Kabupaten Bogor. Selain itu segala media telah diupayakan pihaknya untuk memasarkan produk-produk UMKM yang ada di wilayah Buni Tegar Beriman ini. Mulai dari melakukan pemasaran melalui pameran-pameran, online dan pada saat kunjungan ke daerah lain, membawa produk UMKM Kabupaten Bogor. Pihaknya juga telah mengupayakan agar produk-produk UMKM ini ikut dipasarkan oleh para pelaku usaha restoran dan hotel, serta menemui Ketua PHRI.

“Maka kami berharap juga Pemerintah harus memfasilitasi pelaku UMKM untuk bisa memasarkan. Salah satunya bisa membuat galeri yang lebih besar dan representatif,” tambahnya.(rul)

Comments