Peringati Hari Anak Sedunia, Sekolah Madania Gelar Rangkaian MUCD

Bogor – Sekolah Madania memperingati Hari Anak Sedunia dengan menggelar acara “Madania Universal Children’s Day” atau yang lebih dikenal dengan sebutan MUCD. Acara tersebut terdiri dari beberapa rangkaian acara-acara menarik diantaranya Science Film Festival, PYP Exhibition Grade 6 pada, serta Home Concert.

Ketua Acara Science Film Festival 2017 di Sekolah Madania, Veni Dwintasari mengatakan, ketiga rangkaian acara pada kegiatan MUCD ini memiliki tema serta focus kegiatan yang berbeda-beda.

Acara Science Film Festival yang bekerja sama dengan Goethe Institut ini misalnya, memiliki tujuan untuk memperkenalkan sains dengan cara yang menarik yaitu dengan menonton film sains bersama dan setelah itu memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk melakukan experiment sederhana namun kreatif dan aplikatif yang telah disiapkan oleh pihak panitia penyelenggara.

“Science Film Festival ini sangat membantu siswa agar tertarik pada pelajaran sains sehingga siswa bisa lebih kreatif dalam belajar, ditambah lagi mereka bias menghubungkan pelajaran sains dengan kehidupan sehari-hari” ujar Veni Dwintasari, kemarin.

Ia menambahkan, terdapat 12 film bertema sains yang menarik untuk ditonton dan mudah dimengerti oleh anak-anak usia SD hingga SMP yang diputarkan pada kegiatan ini.

Sedangkan pada kegiatan puncak acara MUCD sendiri terdapat beberapa rangkaian kegiatan, yaitu diantaranya PYP Exhibition Grade 6 dan Workshop untuk siswa-siswi TK juga SD. PYP Exhibition merupakan sebuah kegiatan Learning Celebration yang dilakukan siswa-siswi kelas 6 di Sekolah Madania sebagai upaya memamerkan hasil karya belajar mereka selama 1 semester kemarin yang berupa sebuah project.

Seluruh hasil karya kelas 6 dipamerkan dalam bentuk booth dari setiap-setiap kelompok sesuai dengan tema project mereka masing-masing. Selain itu para siswa-siswi kelas 6 ini juga memberikan penampilan kesenian musik bersama yaitu perkusi dan Silent Action yang merupakan bentuk dari penyampaian pesan-pesan penting dalam kehidupan sehari-hari.

“Contohnya, pesan mengenai lingkungan dan teknologi, semuanya disampaikan melalui sebuah seni peran tanpa suara,” imbuhnya.

Setelah mengikuti seluruh kegiatan PYP Exhibition, seluruh peserta dilanjutkan mengikuti workshop masing-masing sesuai dengan keinginan mereka.

Terdapat sangat banyak pilihan kelas workshop yaitu diantaranya Cookery, Art, Sport, Story Telling, Pantomime, Music, dan masih banyak lagi jenis kelas workshop yang dapat diikuti oleh seluruh peserta.

Tidak hanya sampai disitu, rangkaian acara MUCD masih tetap berlanjut di minggu berikutnya yaitu Home Concert yang berlangsung dari 28-30 November 2017 kemarin.

Kegiatan seni pertunjukan yang berlangsung di Multi Purpose Hall (MPH) Sekolah Madania ini melibatkan seluruh murid Madania dari mulai Primary, Lower Secondary, dan Higher Secondary.

Madania Home Concert adalah sebuah mini konser yang memperlihatkan hasil akhir dari proses belajar seni pertunjukan (musik, teater, dan tari) selama satu semester sebagai bagian dari pembelajaran dan pengalaman tampil di depan umum karena sangat penting dan berpengaruh untuk membentuk karakter percaya diri dan kerja sama antar sesama siswa/siswi di Sekolah Madania.

“Public mentality itu kami bangun dari kelas satu agar mereka berani untuk tampil di depan umum, karena personality building lebih penting daripada nilai-nilai pelajaran di kelas maka dari itu mereka harus bias berkomunikasi dengan baik, punya mental yang berani, dan mereka bisa menyampaikan aspirasi di depan umum” ujar M. Wahyuni Nafis selaku School Director dari Sekolah Madania.

Ketiga rangkaian MUCD di Sekolah Madania telah berjalan dengan lancar seluruhnya hingga hari terakhir pada Madania Home Concert for Higher Scondary School. Talenta siswa/siswi yang diperlihatkan sangat beragam dan luar biasa hebat serta menuai antusias baik dari pihak murid maupun orangtua yang hadir.

Home Concert ini sendiri terdiri dari beberapa rangkaian performances sesuai jenis kelas MAT (Music, Art, and Theatre) yang mereka pilih, yaitu diantaranya ada perform dari gamelan, keyboard, biola, cello, gitar, band, perkusi, paduan suara, pantomime, serta pentas teater yang meraih sukses di setiap penampilannya.

“Semoga pada acara Madania selanjutnya dapat memberikan penampilan-penampilan yang akan selalu lebih baik dan lebih menarik lagi,” tukasnya. (di)

Comments