Dlh Pemkab Bogor Panggil Puluhan Pabrik, Yang Buang Limbah Berbahaya

CIBINONG-

Banyaknya pencemaran lingkungan dan penumpukan sampah industri di wilayah Bumi Tegar Beriman. Membuat Dinas lingkungan
Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, memanggil 26 pengusaha di ruang rapat lantai dua gedung Dlh Pemkab Bogor Jumat (19/1/18).

Sekretaris Dinas (Sekdis) Lingkungan Hidup Budi Lukman Nurhakim mengatakan, memang saat ini pihaknya memanggil pihak pabrik untuk peduli terhadap lingkungan. Seperti pencemaran sampah dan limbah industri. Sehingga perusahaan tersebut harus peduli dan membina masyarakat sekitar agar berdaya guna. Limbah yang terjadi saat ini mulai dari limbah B3, yaitu sisa suatu usaha atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya.

“Karena sifat atau konsentrasinya baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan lingkungan hidup. Sehingga berdampak pada kesehatan serta kelangsungan hidup manusia atau makhluk hidup lain,” katanya saat ditemui bogorOnline.com di lokasi.

Budi menambahkan, dengan adanya pertemuan bersama industri ini diharapkan pengelolaan
limbah cair dan padat yang tidak bisa didaur ulang. Nantinya dari perusahaan harus bisa memberikan penanganan seperti apa dan harus dikaji bersama. Agar limbah tidak menjadi permasalahan yang membahayakan, tetapi lebih berdaya dan bermanfaat untuk masyarakat. Hal tersebut juga sebagai kepedulian perusahan terhadap lingkungan. Seperti sering terjadi pencemaran industri.

“Agar perusahaan peduli dan membina masyarakat sekitarnya,” tutupnya.(rul)

Comments