Pemdes Babakan Akan Bangun Tempat Wisata Alam di Tenjo

TENJO – bogorOnline.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Babakan akan menyulap lahan perhutani di Kampung Babakan, Desa Babakan, Kecamatan Tenjo, menjadi tempat wisata yang diberi nama Taman Astor TPN Tenjo. Hal ini bertujuan untuk memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta menarik para wisata. Selain itu, taman astor juga akan digunakan sarana pendidikan ruang terbuka alam.

“Wacana tersebut merupakan program yang telah digulirkan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bogor, dalam menggali pontensi Desa yang mandiri. Ini adalah salah satu langkah Desa untuk meningkatkan PAD, dalam mengembangkan pariwisata, namun ini masih wacana, tapi kita rencanakan,” kata Suwardi Kades Babakan.

Suwardi mengatakan, yang tadinya lahan lindung menjadi objek wisata ini akan bisa mendorong pendapatan dari objek wisata tersebut. Selain itu, objek wisata ini menjadi kepentingan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
“Kita akan membuat sarana bermain untuk anak – anak TK, dan anak – anak pramuka,” imbuhnya.

Menurutnya, outbound salah satu untuk pendidikan anak dengan latihan mendaki di alam terbuka. Disamping itu, banyak lagi hal yang menarik nantinya seperti rumah budaya, rumah adat dan rumah pohon.

Kehadiran objek wisata juga akan membuka ruang pemasaran baru sektor UMKM dari masyarakat desa lain yang memiliki pengrajin anyam-anyaman, seperti bakul dan membuat pengki, dan lain-lain.
“Desa Tenjo memiliki kuliner dodol juga bisa kita pasarkan. Bahkan untuk perhutani itu sendiri bisa memasarkan pembenihan, bibit pohon dan bisa dijadikan objek di taman Astor,” kata dia.

Suwardi menjelaskan, aspirasi ini merupakan dari pemerintah untuk Desa dalam menggali potensi yang ada. “Dengan adanya inovasi yang ada, kita ajukan seperti itu, mudah-mudahan bisa karena ini salah satu pilihan pemerintah daerah Pemda,” imbuhnya.

“Suwardi yang juga ketua Paguyuban kepala desa se Kecamatan Tenjo berharap perhutani bersedia untuk bekerja sama untuk menggali PAD yang ada. Menurut dia, hal ini bukan hanya kepentingan desa bahkan ada manfaatnya terhadap masyarakat dan meningkatkan PAD pemda. “Bahkan bisa untuk perhutani,” tuturnya.

Sementara itu Camat Tenjo, Asnan mengapresiasi langkah pemerintah desa Babakan dalam mengembangkan pariwisata tersebut. Menurutnya, hal itu sesuai dengan arahan dari Kementrian dan sudah diatur dalam UU BUMdes. “Nanti BUMdes yang menjalankan usah – usaha milik desa,” imbuhnya.

Asnan menambahkan, Desa Babakan punya potensi alam yang bagus untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Lahan Perhutani yang ada di kawasan itu, juga sayang kalau tidak dimanfaatkan. “Nanti pariwisata kerja sama dengan kehutanan. Seperti disitu akan dibuat taman Astor,” kata Asnan.

Sambungnya, taman Astor di dalamnya ada outbuon, camping ground, kemudian kulinernya. Peran Kecamatan adalah membina Desa menjadi mandiri.

“Sedangkan dana DD sekarang diarahkan untuk pemberdayaan karena dalam UU Desa menjadi keharusan memiliki BUMdes, “BUMdes Desa Babakan akan diarahkan kepariwisata dulu,” pungkasnya. (MUL)

Comments