Ini Yang Paling Menonjol Selama Kepemimpinan Kades Dede

PARUNGPANJANG – Infrastruktur Jalan merupakan bagian dari peningkatan ekonomi ditengah masyarakat.

Selama kepemimpinan Kepala Desa Kabasiran, Dede Saefullah, Insfrastruktur menjadi prioritas pembangunan. Di masa kepemimpinannya yang masih berjalan, Dede berhasil membangun tatanan Desa di bidang infrastruktur jalan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ini yang  paling menonjol dalam pembangunan infrastruktur jalan di Pemerintah Desa (Pemdes) Kabasiran, Kecamatan Parungpanjang. “Kita sudah menyelesaikan 80 persen pembangunan infrastruktur jalan yang ada di Desa Kabasiran. Ditahun ini, semuanya akan terselesaikan,” kata Dede, kepada bogoronline.com.

Lelaki yang ahli dibidang administrasi ini juga mengatakan, dalam mewujudkan pembangunan Desa yang mandiri dan maju dibidang ekonomi, Pemerintah membangun wadah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Harapannya, BUMDes dapat mengoptimalkan dana Desa untuk mengembangkan bisnisnya, ujar Dede.

Selain itu, budidaya lele bioflok ini diharapkan bisa menjadi potensi ekonomi. “Insya Allah menjadi bagian ekonomi di masyarakat Desa Kabasiran. Akan ada juga pengelolaan tong sampah dan macam yang dikelola secara profesional,” jelasnya.

Dede mengutarakan, sebelum menjadi kepala desa, selama 16 tahun dari tahun 1987 s/d 2003, bekerja di salah satu perusahaan bang swasta di daerah DKI Jakarta. “Waktu itu, saya berniat untuk usaha sendiri, namun adanya dorongan dari beberapa tokoh masyarakat, ulama dan restu dari orang tua untuk menjadi sebagai kepala Desa,” kata dia.

Kendati demikian akhirnya, Dede terpilih, dan ia manfaatkan jabatannya sebagai Kepala Desa, untuk mengabdi kepada masyarakat serta ingin memajukan kampung halaman. “Desa Kabasiran adalah tempat lahir saya, jadi menjadi tanggung jawab saya juga untuk memajukan tanah kelahiran saya, baik bidang ekonomi, dab lainnya. Supaya Desanya lebih tentram dan nyaman,” imbuh kepala Desa  Dede Saefullah. (MUL)

Comments