TNI Gerebek Gas Oplosan di Rumpin

RUMPIN – Korem 061 Surya Kencana bersama Denpom Bogor, mengerebek sebuah perkampungan di Kampung Banjar Pinang, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Senin (19/02/2018). Delapan  orang pelaku berhasil dibekuk 33 anggota TNI yang menyebar masuk ke hutan, sebagai area para pelaku melakukan aktifitas mengoplos gas bersubsidi ke dalam gas non subsidi.

Penggerebegan ini dilakukan setelah pendalaman oleh tim intel korem 061/SK.
Operasi tersebut dipimpin langsung, Kasi Intel Korem 061 Letkol Armed Sabawa. Aparat gabungan menyisir dua lokasi yang selama ini dijadikan area produksi gas ilegal tersebut. Suara tembakan sempat terdengar meletus di tengah pengejaran. Para pelaku yang ditangkap merupakan pelaku pengoplosan gas.

Dalam operasi ini aparat TNI berhasil mengamankan enam unit mobil pick up kecil dan satu truk fuso, pengangkut tabung gas, berhasil diamankan pula, lebih dari 800 tabung (jumlah belum pasti) dengan beragam ukuran mulai dari 50 kilogram, 15 kilogram, dan tabung subsidi 3 kilogram.

Informasi yang dihimpun bogoronline.com, operasi penggerebekan ini dilakukan TNI karena adanya subsidi ke industri besar dan merugikan masyarakat kecil pengguna gas 3 kilogram yang disubsidi.

Menurut Kasi Intel Korem 061 SK, Letkol Armed Sabawa, penggerebekan ini juga dilakukan karena adanya informasi keterlibatan oknum TNI. “Kami mendengar adanya keterlibatan oknum TNI, tapi hingga saat ini belum atau tidak ditemukan. Namun hasil operasi ini akan dikembangkan lagi, dan akan kita tindak lanjuti.” Tegasnya.

Sementara menurut keterangan salah satu warga sekitar yang minta namanya dirahasiakan, DM (23), lokasi yang digrebek aparat TNI tersebut baru satu minggu terakhir terlihat ramai ada aktifitas. “Selama aktifitas, para pelaku kerap beristirahat di warung warga, baru seminggu ini saya ngelihatnya sih. Awalnya saya juga heran di hutan gini kok ada masuk mobil.” tuturnya. (MUL)

Comments