Desa Leuwinutug, Juara Siskamling 2018

CITEUREUP –
Didaulat menjadi juara dalam Sistem Kemananan Lingkungan (Siskamling) melalui giat rutin Poskamling, Desa Leuwinutug Kecamatan Citeureup, bukan berarti hanya sebuah seremonial semata untuk dinilai untuk menjadi juara. Justru dengan menjadi juara dalam Siskamling, masyarakat lebih intensif dan bersama sama melaksanakan jaga desa.
Plt Kepala Desa Leuwinutug Denni Lesmana mengatakan, warganya aktif dalam setiap kegiatan yang difasilitasi desa, salah satunya kegiatan ronda malam. Dimana ronda malam merupakan kegiatan menjaga keamanan lingkungan yang dikerjakan warga secara bergiliran.
“Kalau untuk membayar security untuk menjaga lingkungan desa tidak mungkin. Dari mana dananya. Menjaga keamanan lingkungan desa adalah tanggung-jawab bersama. Saya bersyukur warga saya menyadari dan ihklas bersama sama menjaga keamanan kampung dengan Siskamling,” terangnya.
Dari sejumlah RT dan RW yang sangat menonjol kegiatan Siskamling di RT01/01 yang paling aktif. Hal tersebut bisa jadi karena pendekatan Ketua RT dan RW-nya kepada warga maksimal.
” Kita bisa saksikan Poskamling RT 01/01 selalu ramai menjelang waktu ronda malam,”
Dia bersyukur ternyata apa yang warga lakukan mendapat perhatian dari kecamatan, sehingga dinobatkan menjadi juara Siskamling se-Kecamatan Citeureup. “ Semoga saja dengan menjadi juara Siskamling warga tidak tersilau juara sehingga Siskamling menjadi kendur. Justru dengan menjadi juara Siskamling semakin ditingkatkan dan Siskamling kita menjadi contoh yang lain,” jelasnya.
Sementara Babinsa Desa Lewinutug Serka Kasyanto mengatakan, bahwa keamanan bukan cuma tanggung jawab TNI dan Polri. Tetapi keamanan adalah tanggung-jawab bersama, untuk itu Siskamling salah satu upaya masyarakat desa untuk menjaga keamanan lingkunganya.
” Dengan sinerginya TNI, Polri dan masyarkat dalam menjaga keamanan lingkungan melaui Siskamling adalah bukti kerjasama yang baik dan terpeliharanya silaturahmi antara semua lini,dengan satu tekad menjaga lingkungan yang aman,nyaman, tertib,” pungkasnya.(rul)

Comments