Ru’yat Apresiasi Kreatifitas Warga Membuat Makanan Sehat Berbahan Umbi

Ru’yat Jadi Juri Lomba Cemilan Sehat di Bubulak

bogorOnline.com

Kehadiran calon Wali Kota Bogor nomor urut satu, Achmad Ru’yat yang menggunakan kaos berwarna toska dan topi toska bertuliskan “Bogor Kahiji” di Kampung Babakan RW 11, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, langsung disambut meriah oleh warga dan diajak untuk senam sehat bersama-sama, Jumat (9/3/18).

Usai senam, Acmad Ru’yat pun didaulat menjadi juri dengan mencicipi langsung berbagai makanan yang disiapkan warga dalam lomba membuat makanan berbahan dasar umbi-umbian dengan tema “Cemilan Sehat Untuk Suami Tersayang”.

Lomba yang digagas oleh warga dan untuk warga, diikuti oleh 9 kelompok dan per kelompoknya terdiri dari 5 orang. Menurut Ru’yat, lomba ini sangat bagus sebagai bentuk kreatifitas warga dalam membuat keanekaragaman makanan dan membuktikan bahwa tidak hanya nasi yang menjadi sumber karbohidrat, tetapi umbi-umbian pun bisa diolah dan tidak kalah bergizinya.

“Hari ini saya telah mengkonsumsi 9 resep, 9 varian menu dan 9 rasa makanan dari bahan baku yang sama yakni ubi dan singkong. Semua rasanya enak luar biasa, tetapi perlu diingat dari yang enak pasti ada yang terenak. Disamping itu, lomba cemilan ini juga bisa menjadi alternatif membuat makanan pengganti nasi, dengan varian menu, rasa dan olahan yang berbeda, tentu tidak kalah bergizi dengan makanan lainnya,” kata Ru’yat.

Berbagai aneka makanan telah dicicipi dan lomba diakhiri dengan pengumuman yang telah ditunggu-tunggu oleh warga, yakni pemenang dari lomba.

“Semua sudah saya cicipi dan rasanya semua enak. Namun karena ini lomba, jadi harus ada pemenangnya. Oleh karena itu, untuk juara pertama dengan nilai 51,8 adalah Kelompok 9, Juara 2 dengan nilai 49,5 Kelompok 8 dan Juara 3 dengan nilai 46,3 Kelompok 6,” ungkap Ru’yat.

Setelah menyampaikan pengumuman para pemenang, Achmad Ru’yat langsung memberikan hadiah secara simbolis kepada pemenang Juara 1.

Sementara, perwakilan dari kelompok 9, Suryani mengatakan, dirinya sangat senang, walaupun diberi tahu secara mendadak, tetapi kelompoknya berhasil menjadi sang juara.

“Baru kemarin sore kami diberitahu dan hanya dengan modal 50 ribu, gimana caranya kami bisa membuat 5 macam varian makanan yang tidak membebankan ibu lansia atau ibu yang memiliki balita. Selain itu, melalui lomba ini kita memperkenalkan bahwa dengan uang yang sedikit, kita bisa membuat makanan yang sehat, higienis, dan tidak mengandung pengawet seperti combro, misro, getuk, klepon ubi dan urap singkong,” ujar Suryani.

Terkait Achmad Ru’yat sebagai calon Wali Kota Bogor, warga sangat mendukung dan memberikan doa. Warga juga berharap pasangan RZ bisa terpilih dan menjadi Wali Kota Bogor mendatang.

“Harapan dan doa kami, mudah-mudahan pasangan RZ bisa menang, sukses, amanah serta membawa perbubahan bagi Kota Bogor ke arah yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (Nai/ist)