Usmar Jadi Walikota, Kisruh R3 Selesai

Pemilik Sepakat Buka Pemblokiran Jalan dan Kembali Tunggu Komitmen Pemkot

bogorOnline.com

Setelah dilakukan pemblokiran Jalan R3 oleh pemilik lahan sejak 15 Februari 2018 lalu, berbagai pihak dirugikan atas pemblokiran akses jalan tersebut. Pemerintah Kota Bogor terus berupaya melakukan berbagai cara agar jalan yang diblokir itu dibuka kembali.

Upaya yang dilakukan Pemkot Bogor dibawah komando Plt Walikota Bogor Usmar Hariman akhirnya membuahkan hasil.

Dengan menggunakan satu unit alat berat beko loader, Jalan R3 kembali dibuka untuk umum, Kamis (8/3/18).

Pembukaan dilakukan Pemerintah Kota Bogor dan dihadiri unsur Muspida Kota Bogor. Hadir Plt Walikota Bogor Usmar Hariman, Sekda Ade Syarip Hidayat, pemilik lahan H Abdulah Salim (H. Aab), Camat Bogor Timur Adi Novan, Lurah Katulampa Taufik.

Plt Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, dengan komunikasi yang dilakukan secara intensif dengan pihak pemilik lahan H. Aab, Jalan R3 yang di blokir selama ini akhirnya disepakati untuk dibuka dan fungsinya dikembalikan seperti semula sebagai akses lalu lintas.

“Kita lakukan komunikasi dengan pemilik lahan. Hari ini Jalan R3 dibuka kembali untuk umum,” kata Usmar.

Jalan R3 juga akan difungsikan menjadi dua jalur, kalau sebelumnya hanya satu jalur saja, kedepan akan difungsikan menjadi dua jalur. Satu jalur yang belum pernah difungsikan, menurut Usmar akan segera dibuka dan diperbaiki.

“Kita akan gunakan anggaran yang ada untuk memperbaiki satu jalur yang belum pernah dibuka. Jadi kedepannya, kedua jalur akan difungsikan normal.  Secara administrasi penyelesaian soal pembayaran lahan terus berjalan dan persoalan yang mengganjal selama ini di sisial administrasi akan diselesaikan secepatnya, terpenting Jalan R3 dibuka dulu,” jelas Usmar.

Sementara, pemilik lahan H. Aab mengutarakan bahwa sudah ada kesepakatan-kesepakatan soal penyelesaian pembayaran lahan dan ruislag.

“Dalam waktu dekat hak-hak dari kami akan terealisasi dan kami mohon maaf sebesar besarnya kepada masyarakat Kota Bogor. Saya mengucapkan terima kasih kepada Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman yang sudah menjadi pihak yang menyelesaikan persoalan ini,” kata H. Aab. (Nai)