Dapatkan Kemudahan Informasi BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

bogorOnline.com

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus melakukan inovasi guna mempermudah memberikan pelayanan tentang jaminan kesehatan kepada masyarakat. Ada beberapa kemudahan yang terdapat pada aplikasi mobile JKN. Kemudahan itu, diantaranya untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan. Mengetahui informasi data peserta dan keluarga serta tagihan iuran peserta.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kepesertaan pada BPJS Kesehatan Cabang Kota Bogor, Betty Ully Indria S. P kepada awak media, Selasa (10/4/18).

“Kemudahan untuk mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan dan menyampaikan keluhan, pertanyaan serta jawaban seputar JKN-KIS,” ungkap Betty.

Betty melanjutkan, bagaimana cara menggunakan mobile JKN?. Aplikasi ini bisa diunduh melalui play store dari ponsel berbasis android atau iOS. Apabila telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS hanya cukup registrasi ulang dengan mengakses menu pendaftaran.

“Bagi yang belum terdaftar dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui program JKN-KIS sekaligus mendaftarkan diri dan keluarga sebagai peserta dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan),” ucapnya.

Dalam aplikasi ini, lanjut Betty, terdapat beberapa fitur informasi layanan BPJS Kesehatan dalam satu genggaman ponsel peserta. Diantaranya, fitur info JKN berisikan penjelasan tata cara pendaftaran, hak dan kewajiban serta sanksi. Juga fasilitas dan manfaat yang bisa didapat melalui kepesertaan JKN-KIS.

Fitur peserta adalah informasi tentang kepesertaan dan anggota keluarga yang dijamin. Fitur lokasi berisikan informasi tentang kantor wilayah, kantor cabang, fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.

“Fitur ini terkoneksi dengan GPS dan dapat ditelusuri melalui google maps,” ujarnya.

Untuk fitur pembayaran peserta diberikan kemudahan tentang tata cara pembayaran iuran JKN-KIS. Begitu pula pada fitur catatan pembayaran bisa mengetahui riwayat transaksi dan tagihan iuran yang harus dibayarkan.

Sedangkan fitur ubah data, peserta bisa melakukan perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama, kelas perawatan, email, nomor handphone dan alamat domisili. Untuk layanan pengaduan 24 jam yang terhubung langsung dengan call center 1500400 bisa mengakses fitur pengaduan.

Tak hanya itu, peserta juga bisa mengecek nomor virtual account dan skrining riwayat kesehatan melalui mobile JKN.

“Jadi aplikasi mobile JKN sangat amat memudahkan bagi peserta, berharap peserta bisa melakukan sendiri administrasi sehingga tidak terjadi lagi namanya penumpukan atau antrian di kantor BPJS Kesehatan,” imbuunya.

Sejauh ini, kata dia, berdasarkan laporan secara nasional per Maret 2018 bahwa Kota Bogor termasuk merupakan salah satu kota yang warganya aktif memanfaatkan aplikasi mobile JKN.

“Kami ucapkan terimakasih kepada warga Kota Bogor yang sudah menggunakan mobile JKN ini. Begitu mereka tahu, jadi tidak perlu antri lagi datang ke sini jika hanya untuk cetak kartu,” pungkasnya. (Nai/ist)