Melalui Program Bogor Nyaman, RZ Siap Bangun Pengelolaan Sampah Terpadu

bogorOnline.com

Kondisi perkampungan yang berada di Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, tampak begitu kumuh, banyak sampah berserakan bahkan warga sampai membuang sampah ke kali atau sungai. Hal tersebut terlihat saat Calon Wali Kota Bogor, Achmad Ru’yat kembali blusukan untuk bersilaturahmi dan menyapa warga.

Tidak sedikit warga menyampaikan keluhan dan aspirasinya kepada calon nomor urut satu itu, seperti yang diungkapkan oleh salah satu warga, Efendi, yang berharap di wilayahnya terdapat tempat pembuangan sampah, sehingga warga bisa membuang sampah pada tempatnya tidak sembarangan atau asal buang.

“Disini belum ada tempat sampah bagi warga, bahkan warga juga membuang sampah ke kali. Nah, sampahnya kan numpuk, yaa warga mengandalkan saat hujan biar bisa terbawa arus dan bersih kembali,” ucap Efendi kepada Ru’yat.

Efendi juga menambahkan, dirinya mewakili warga sekitar meminta kepada pasangan RZ agar bisa memperhatikan wilayahnya terutama bisa membuatkan tempat sampah agar wilayahnya tetap bersih dan nyaman.

“Warga disini ingin memiliki tempat sampah, jadi nanti engga buang sampah ke kali lagi. Mudah – mudahan pasangan RZ bisa terpilih dan merealisasikan semua harapan warga ini,” ungkap Efendi.

Mendapat keluhan dan aspirasi dari warga, calon Walikota yang berdampingan dengan cawawalkot Zaenul Mutaqin diusung oleh PKS, PPP dan Gerindra itu mengatakan, pasangan RZ tentu akan memperhatikan persoalan warga terutama tentang kenyamanannya.

“Kita pasangan RZ memiliki program yang namanya Bogor Nyaman. Nah, melalui program inilah nanti kita akan prioritaskan apa yang diinginkan oleh warga. Misal persoalan sampah, nanti kita akan bangun pengelolaan sampah terpadu di wilayah ini sehingga warga tidak kembali membuang sampah sembarangan apalagi sampai ke kali atau sungai,” jelas Achmad Ru’yat.

Tak hanya akan membangun pengelolaan sampah terpadu, Achmad Ru’yat juga menuturkan, didalam program Bogor Nyaman ini, ada beberapa program yang akan direalisasikan seperti pembangunan drainase, jalan lingkungan dan ruang terbuka hijau pemukiman, membuat 780 Gugus tugas ketahanan keluarga berbasis RW, memastikan ketersediaan air bersih melalui revitalisasi PDAM, membangun gerakan urban farming, membangun penerangan jalan dan fasilitas umum serta meningkatkan dana operasional per RT, RW dan LPM.

“Pasangan RZ ingin menjadikan Bogor kota terbaik se-Indonesia dengan pemerintahan yang amanah dan masyarakat yang sejahtera. Jadi semua aspirasi warga ini Insya Allah menjadi bahan untuk kami bertugas nanti,” tegas Achmad Ru’yat.

Usai menyapa warga di Kelurahan Logi, kegiatan kampanye kembali dilakukan menuju Kelurahan Curug Mekar. Namun sebelumnya, Achmad Ru’yat menyempatkan untuk menyapa para pedagang di Pasar Purbasari, Kelurahan Gunung Batu.

Disana, sembari berkeliling dan menyapa pedagang maupun warga yang sedang berbelanja, kehadiran Achmad Ru’yat langsung disambut antusias. Ada yang meminta berfoto bersama sampai ada beberapa pedagang yang sudah mengenali Achmad Ru’yat.

“Saya senang bisa bertemu langsung dengan bapak, biasanya saya hanya bisa melihat di poster – poster saja pak dan kebetulan saya mendukung pasangan RZ. Saya melihat hanya pasangan RZ yang cocok untuk Kota Bogor. Jadi mudah – mudahan bapak bisa terpilih dan menjadi pemimpin yang amanah serta membawa perubahan bagi Kota Bogor,” kata Ridan, salah satu pedagang sembako saat ditemui Achmad Ru’yat. (Nai/ist)

Comments