Setoran Pajak Tempat Wisata Keluarga, Terindikasi Marak Penyimpangan

BogorOnline.com, CIBINONG – Realisasi pajak tempat wisata hiburan di wilayah Kabupaten Bogor, tahun 2018 ini meninggalkan banyak pertanyaan.

Pasalnya, dalam penyetoran pajak tempat wisata hiburan yang dilakukan oleh para pengelola dan pengusaha, seperti Taman Safari, Taman Wisata Matahari (TWM), dan Jungleland Sentul City kepada Pemkab Bogor melalui instansi terkait diduga terindikasi marak penyimpangan.

Dimana, melalui Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor, hanya menyetor ke Pemkab Bogor, tak lebih dari angka Rp50 miliar pertahun.

Sementara, jika di asumsikan dari total pengunjung Taman Safari, TWM dan Jungleland Sentul City tersebut, rata-rata kunjungan oleh wisatawan hingga 25000 ribu pengunjung perhari selama hari libur ataupun tanggal yang dikalikan 80 hari libur dalam setahun.

Jika di kalkulasikan 25000 orang dengan biaya masuk per tempat wisata dikisaran Rp200 ribu dengan pajak 10 pajak persen mencapai Rp40 miliar per satu tempat wisata terbesar di kabupaten Bogor tersebut, belum lagi dihitung dengan pengunjung di hari biasa dapat diasumsikan pengunjung mencapai 5000 orang dengan biaya Rp150.000 ribu per orang dengan penyetoran pajak mencapai

Tentu dengan adanya indikasi ini, Pemkab Bogor melalui instansi terkait diharuskan melakukan kegiatan Uji Petik, antara Bappenda dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor.

Menurut kepala Bidang Destinasi Wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Jan Hadi mengaku, jika kaitan tes uji petik dirinya tak pernah ikut andil ataupun adanya undangan dari pihak Bappenda untuk melakukan tes uji petik ke tiap-tiap destinasi wisata tersebut di Bumi Tegar Beriman.

“Belum pernah kita diundang untuk tes uji petik itu. Karena kita merujuk ke tiap-tiap instansi memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Jadi sekarang kita lihat dulu tugas pokok kewenangan kami di bidang Destinasi wisata ini,” kata Jan kepada Bogoronline.com, belum lama ini.

Sementara, ketika dikonfirmasi Kepala Seksi Pendapatan Daerah pada Bappenda Kabupaten Bogor, tidak berada ditempat.

“Pak Kasienya tidak ada mas, beliau sedang rapat persiapan Porda di Tegar Beriman,” ucap salah satu security saat ditemui. (Srl)