Targetkan Sentral Penghasil Jambu Kristal, Irwan Minta Warga Jaga RTH

bogorOnline.com

Ruang terbuka hijau di wilayah Kecamatan Bogor Tengah dan Timur, Kota Bogor, semakin hari terus berkurang, seiring dengan banyaknya pembangunan pembangunan seperti properti dan lainnya. Berbagai upaya dilakukan masyarakat dengan memanfaatkan ruang terbuka hijau untuk meningkatkan perekonomian, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon buah berjenis Jambu Kristal, seperti yang dilakukan warga Kampung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Dukungan dan apresiasi diberikan oleh Irwan Muhammad Ridwan, salah satu Bacaleg dari PPP Dapil Tengah dan Timur, Kota Bogor, kepada masyarakat di Katulampa yang mengikuti program kegiatan Diseminasi Iptek LIPI tentang pemanfaatan dan penerimaan iptek untuk masyarakat, dari Anggota DPR RI Komisi VII, Joko Purwanto dan LIPI, dimana warga melakukan melakukan penanaman pohon buah Jambu Kristal.

“Menanam Jambu Kristal ini sangat bagus, sehingga kedepannya daerah Katulampa ini bisa menjadi sentral penghasil buah Jambu Kristal. Ini sangat tepat dilakukan warga, dalam meningkatkan perekonomian warga, mengingat lahan terbuka hijau sangat minim saat ini,” kata Irwan.

Ia menuturkan, untuk wilayah Kecamatan Bogor Timur masih memiliki sejumlah daerah ruang terbuka hijau atau pertanian yang harus dipertahankan, seperti di Kelurahan Katulampa ini. Pemerintah juga harus turut serta mempertahankan RTH yang ada, agar tidak beralih fungsi menjadi bangunan komersial.

“Saya melihat bahwa RTH yang ada sekarang ini harus dipertahankan, disitulah peranan pemerintah dalam ikut menjaganya agar tidak beralih fungsi. Kalau disini nanti bisa menjadi penghasil Jambu Kristal, maka perekonomian warga tentunya akan meningkat,” ucap politisi muda yang juga konsultan pajak ernest dan young, Jakarta ini.

Suami dari Temmy Fatimah Lubis yang sudah dikaruniai 2 orang anak ini menambahkan, pemanfaatan ruang terbuka hijau bisa dilakukan dengan berbagai cara, selain tanaman buah buahan, tanaman hias juga salah satu potensi yang menjadi unggulan penghasil perekonomian warga. Disamping itu, budidaya ikan konsumsi juga potensi yang ada di Kelurahan Katulampa, karena didukung oleh sumber air melimpah, yakni dari Sungai Ciliwung yang mengalir ke rumah rumah warga.

“Banyak potensi yang bisa dilakukam oleh warga dalam meningkatkan perekonomian, bisa melalui menanam pohon atau membudidayakan ikan konsumsi. Saya akan suport dan mendukung warga dalam merealisasikan terobosan ide kreatifnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 50 ribu pohon jambu kristal dibagikan kepada warga di wilayah Kelurahan Katulampa oleh Anggota DPR RI Komisi VII, Joko Purwanto dan LIPI. Ditargetkan kedepannya, Kelurahan Katulampa bisa menjadi sentral penghasil buah Jambu Kristal dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. (Nai)