Oknum Kanit Lantas Gunungputri Arogan, FWHB Desak Kapolres Bertindak Tegas

CIBINONG-
Terkait sikap arogansi yang dilakukan oleh oknum Kanit Lantas Polsek Gunungputri AKP Enggar Agniwibowo terhadap wartawan, maka PLT Ketua Forum Wartawan Harian Bogor (FWHB)
Sabar Sianturi mengatakan, pihaknya
mendesak Kapolres Bogor dan Kapolda Jawa Barat (Jabar) menindak tegas oknum anggotanya yang berperilaku tak pantas terhadap jurnalis.

“Sangatlah tidak pantas seorang Perwira yang menjabat di Polsek bertindak kasar, apalagi sampai menginterogasi wartawan sedang meliput razia,” tegasnya saat di hubungi bogorOnline.com Kamis (13/9/18).

Sabar menambahkan, jadi perlu diketahui oleh oknum tersebut ketika awak media menjalankan tugas jurnalistik, itu dilindungi oleh UU Pers nomor 40 tahun 1999. Undang-Undang tentang Pers memberi sanksi kepada mereka yang menghalang-halangi kerja wartawan. Pasal 18 Undang-Undang tentang Pers menyatakan.

“Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berkaitan menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat 2 dan ayat 3 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta,” ujarnya.

Sebelumnya, Amat disayangkan sikap Dari Kanit Lantas Polsek Gunungputri AKP Enggar Agniwibowo yang terkesan arogan saat awak media mencoba menanyakan terkait razia. Saat kondisi Jalan Raya Gunungputri sedang macet tepatnya di depan Pos simpang Cagak Rabu (12/9/18).

Sikap yang tidak etis itu bermula ketika Wartawan bogorOnline.com mendatangi lokasi dan langsung memperkenal diri kepada Kanit Lantas Lantas untuk meliput razia yang dilakukan oleh pihaknya, ditengah suasana macet. Tiba-tiba saja Kanit mengambil handphone milik wartawan yang sedangan mengambil foto ketika razia itu.
Ditambah Ia juga mencecar media degan berbagai pertanyaan dengan nada tinggi.
“Mana surat tugasnya, coba saya liat dulu mana, wilayah mana kan ada,” ketus Enggar saat ditemui Wartawan di lokasi sambil menunjuk ke arah jalan.(rul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *