Cabor Baru, Petanque Sukses Prestasi dan  Penyelenggaraan di PORDA Jabar

CIBINONG – Kontingen Kabupaten Bogor berhasil mencapai target 4 medali emas yang dibebankan KONI Kabupaten Bogor dari cabang olahraga Petanque. Selain 4 medali emas, Kabupaten Bogor juga berhasil mengoleksi 2 medali perunggu. Total 6 medali dipersembahkan, atlit Petanque di PORDA XIII Jawa Barat 2018.

Kabupaten Bogor menyapu bersih empat nomor triple, yakni triple man, triple women, triple mix 2 man 1 women dan triple mix 2 women 1 man. Adapun perunggu diraih dari double man dan double women. Raihan 6 medali ini menempatkan, Kabupaten Bogor di posisi runner up. Juara umum diraih Kabupaten Tasikmalaya yang mengoleksi 6 medali emas dan 1 perunggu. Posisi ketiga menjadi jatah Kota Depok dengan raihan 1 medali emas 2 Perunggu.

Ketua Federasi Olahraga Indonesia (FOPI) Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa mengatakan, dirinya bangga dengan prestasi yang diraih atlet Petanque. Menurut dia, pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras dari kesungguhan para atlit, pengurus, pelatih dan official Petanque untuk mengharumkan nama Kabupaten Bogor di kancah PORDA Jabar XIII yang digelar di Kabupaten Bogor. “Saya merasa sangat bangga, karena kita bisa meraih target 4 emas. Bahkan kita juga bisa meraih dua medali perunggu,” ujarnya.

Menurut Egi, bukan hal yang mudah bagi para atlit bisa meraih medali, mengingat lawan yang turun di semua nomor pertandingan, punya kemampuan yang sangat merata. Apalagi Kabupaten Bogor merupakan daerah yang masih sangat baru di cabang olahraga ini.

Egi yang juga ketua penyelenggara cabang olahraga Petanque PORDA Jabar XIII 2018, juga mengapresiasi kerja keras panitia dalam mensukseskan jalannya pertandingan Petanque yang merupakan cabang olahraga dalam perhelatan multievent terbesar di Provinsi Jawa Barat. “Saya ucapkan terimakasih kepada Ketua PB FOPI, Ketua FOPI Jabar, kepada KONI Kabupaten Bogor, dan juga Dispora yang telah membangun venue berstandar internasional yang lokasinya sangat strategis di kompleks olahraga Pakansari, Cibinong,” katanya.

Ketua FOPI Jawa Barat, Dedi Supriyadi mengatakan, perkembangan Petanque di Kabupaten Bogor sangat luar biasa. Ia melihat, olahraga asal Perancis ini sudah sangat memasyarakat di Bumi Tegar Beriman. “Penyelenggaraan cabang olahraga Petanque ini merupakan yang pertama kalinya di PORDA Jabar, dana Kabupaten Bogor mampu menyelenggarakannya dengan sangat baik sekali,” katanya.

Sekretaris Sarpras PB PORDA XIII Jabar, Rudi Achdiat mengatakan, Venue Petanque di komplek stadion Pakansari akan dipatenkan lokasinya. Ia juga akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor untuk melengkapi sarana venue sesuai dengan kebutuhan pertandingan. “Dalam waktu dekat saya akan sampaikan semua ini kepada pimpinan,” Ujar Rudi yang juga menjabat Kepala Bidang Peningkatan Prestasi, pada Dispora Kabupaten Bogor.

Dalam kesempatan itu, Rudi juga mengapresiasi para atlit Petanque yang bertanding di Porda Jabar. Menurut dia, semua atlit yang mewakili daerah masing-masing telah berjuang memberikan yang terbaik untuk daerahnya. “Dari 12 daerah yang ikut cabang olahraga ini, semuanya mendapat medali meskipun ada yang hanya 1 medali perunggu. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi semua untuk meningkatkan prestasi di masa yang akan dating,” tandasnya (*)

Sumber: PB PORDA XIII Jabar 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *