BPBD Pemkab Bogor: Hujan Di Bulan Desember, Warga Waspada Banjir Dan Longsor

CIBINONG-

Musim hujan diperkirakan akan terjadi di bulan Desember 2018 hingga Februari 2019 di wilayah Bumi Tegar Beriman. Maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bogor menghimbau warga untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor di bulan tersebut.

Kepala Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Sumardi mengatakan, dengan adanya hujan pada Desember nanti sampai Februari pihaknya sudah siap untuk mengantisipasi adanya
banjir dan longsor di daerah yang rawan bencana tersebut. Sedangkan lanjut Sumardi menjelaskan, saat ini saja sudah tercatat 584 bencana yang terjadi selama 2018 tersebar di beberapa titik wilayah yang ada di Kabupaten Bogor.

“Dari 85,4 % kejadian adalah bencana hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh cuaca,” ujarnya saat dihubungi Wartawan.

Sumardi menambahkan, untuk bencana yang dipengaruhi oleh cuaca banjir, longsor, kekeringan, puting beliung, dan cuaca ekstrim sekitar 58,4 %. Ditambah lanjut menambahkan, kabupaten telah masuk kategori darurat ekologis yang disebabkan oleh adanya perusakan hutan, degradasi lahan, dan perusakan sungai yang meningkatkan bencana hidrometeorologi. Dengan begitu pihaknya juga melakukan langkah- langkah aksi tanggap darurat. Seperti membuat perwira Piket siaga, serta telah menentukan status siaga darurat bencana terhitung tanggak 1 Nopember 2018 sampai dengan 31 Maret 2019.

“Sehingga masyarakat diminta untuk waspada mengantisifasi banjir, tanah longsor, angin kencang dan pergerakan tanah,” tambahnya.(rul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *