Meriahkan Hari Pahlawan, Pesantren Daarul Uluum Gelar sinar kencana Cup 1

 

bogorOnline.com

Dalam memperingati Hari Pahlawan Ke-73, Tahun 2018 juga lanjutan agenda hari Santri pada bulan Oktober 2018 yang lalu, Perguruan Silat Sinar Kencana Pondok Pesantren (Pontren) Daarul Uluum Bantarkemang, menggelar Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I.

Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I yang berlangsung di Pesantren Modern Daarul Uluum, Jalan Durian Raya No. 76/219 Bantar kemang, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (10/11/18) dibuka oleh Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) I IPSI Jawa Barat Dedi Haryadi.

Dadi Haryadi memberikan aspresiasi kepada pimpinan Pesantren Daarul Uluum juga kepada panitia penyelenggara yang mereka ini bekerjasama sehingga, menciptakan even ini merupakan satu ajang silaturahmi, dimana pencak silat ini aset budaya bangsa, kami pun merasa bangga dan diharapkan membuahkan hasil.

Pertama melestarikan budaya, kedua aspirasi daripada masyarakat tentunya generasi-generasi muda ini bisa berpresati nanti diajang-ajang selanjutnya,” harap Dedi.

Ketua Umum Perguruan Silat Sinar Kencana, H. Hasbulloh,MA.Ek. ketika ditemui di acara festival tersebut mengatakan, Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I, di Pesantren Daarul Uluum ini, diselenggarakan selama 2 hari tanggal 10 hingga 11 November 2018.

“Agenda ini, kami selenggarakan sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh perguruan Silat Sinar Kencana Se-Jawa Barat I, yaitu Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Suka Bumi dan Cianjur,”kata Hasbulloh.

Menurut Hasbulloh dengan dilenggarakannya festival pencak silat ini sebagai bukti bahwa, pencak silat itu dari zaman dahulu mengakar di lingkungan Pesantren.

“Sehingga kami ingin menyampaikan kepada masyarakat, bahwa tidak mungkin perjuangan kemerdekaan dilakukan oleh para pahlawan yang salah satunya dari pesantren kalau mereka tidak belajar bela diri, yaitu pencak silat. Inilah bukti, bahwa memang pencak silat dari dulu sampai saat ini itu mengakar di lingkunga pesantren,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga Hasbulloh menyampaikan, bahwa perguruan silat sinar kencana siap bersinergi, baik dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Pemerintah Jawa Barat dan juga seluruh masyarakat yang ada untuk pengembangan seni budaya dan silat di kita di Kota Bogor.

Hasbulloh juga menyampai terima kasih kepada H. Joko Purwanto selaku anggota DPR RI yang mensupport penuh acara ini, sehingga bisa terselenggara dengan baik, makanya dengan acara sinar kencana cup I pada kesempatan ini, beliau berkomitmen sebagai anggota DPR RI untuk melakukan pembinaan dan pengembangan seni budaya di Kota Bogor dan Cianjur.

Masih kata Hasbulloh di gelarnya Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I ini, maka nanti pengembangan silat di Indonesia dan juga di Kota Bogor dan Jawa Barat itu memang benar-benar terencana dengan baik, seperti yang disampaikan dari Dispora bahwa, sekarang antara pesantren sudah ada Pekan Olah Raga dan Seni Pesantren Daerah (Pospeda), baik Pospeda tingkat Kota Bogor maupun Pospeda tingkat wilayah maupun Pospeda tingkat Provinsi dan di situlah salah satu cabangnya pencak silat sebagai andalan dari masing-masing daerah dan wilayah, kemudian juga prestasi yang dilakukan juga semakin lama semakin meningkat.

Anggota DPR RI fraksi PPP, Joko Purwanto mengapesiasi kegiatan yang dilaksanakan.

“Saya sangat mengapresiasi, ini harus terus dibina dan dikembangkan, agar seni beladiri silat ini tetap lestari dan menghasilkan prestasi,” ucap Joko.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor Suyitno mengatakan, momen pencak silat ini memang kegiatan yang sifatnya di galakan dari tataran setiap pondok untuk merngisi persiapan Pospedawil.

Oleh karena itu pondok Pesantren Daarul Uluum yang telah menggagas festival ini merupakan kegiatan yang pertama setelah pengukuhan pengurus Sinar Kencana yang lalu dikukuhkan awal tahun lalu, kegiatan yang diikuti satu wilayah 1 Jawa Barat ada 5 Kabupaten Kota dan Pemkot menjung tinggi kebersamaan.

Pada kesempatan itu juga Kabid PAUD DIKMAS Disdik Kota Bogor, Uju Juyono dari Dinas Pendidikan sangat mendukung dengan adanya Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I yang dilaksanakan oleh Pesantren Daarul Uluum berharap dari unsur pendidikan mudah-mudahan kedepan tidak hanya di lingkungan Pondok Pesatren, tapi mudah-mudahan bisa di tingkat formal dan non formal. (*)